PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PANTUN DALAM BUKU BAHASA INDONESIA 4: UNTUK SD DAN MI KELAS IV KARYA KASWAN DARMADI DAN RITA NIRBAYA

Nurulanningsih Nurulanningsih

Abstract


Pantun merupakan karya sastra lama yang perlu dilestarikan. Pelestariannya dapat dilakukan dengan memasukkan pantun tersebut ke dalam buku pelajaran di sekolah. Salah satu buku pelajaran yang melestarikan pantun adalah buku Bahasa Indonesia 4: untuk SD dan MI Kelas IV Karya Kaswan Darmadi dan Rita Nirbaya Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Melalui pantun ini pula dapat dimasukkan pembinaan watak atau karakter siswa, atau pengajaran yang berdimensi moral. Untuk itu, dalam tulisan ini akan mendeskripsikan pantun-pantun apa saja dan penanaman nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data digunakan analisis isi. Hasil yang di dapat berupa 7 buah pantun yang terdapat pada halaman 77, halaman 90, halaman 103, halaman 107, halaman 115, halaman 122, dan halaman 123. Pantun halaman 77, 107, 155, 122, dan 123 merupakan pantun nasihat. Sedangkan pantun halaman 90 dan 103 merupakan pantun gembira. Penanaman nilai-nilai karakter pada pantun-pantun tersebut yakni gemar membaca, rasa kasih sayang, cinta damai, rasa tanggung jawab, baik dan rendah hati, hormat dan santun, pertemanan, jujur, disiplin, kerja keras dan pantang menyerah.

Keywords


pendidikan; nilai; pantun; karakter

Full Text:

PDF

References


Amir, Adriyetti. Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astika, I Made, dan Yasa, I Nyoman. Sastra Lisan: Teori dan Penerapannya.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darmadi, Kaswan dan Nirbaya, Rita. (2008). Bahasa Indonesia 4: Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Djamaris, Edwar. (1993). Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik (Sastra Indonesia Lama). Jakarta: Balai Pustaka.

Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ismawati, Esti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Kemendiknas. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar.

Karwan, Darmadi, dan Nirbaya, Rita. (2008). Bahasa Indonesia 4 Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Muslich, Masnur. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Pangesti, Mutia Dwi. (2015), Buku Pintar Pantun dan Peribahasa Indonesia. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.

Riyadi, Slamet, Tirto Suwondo, dan Herry Mardianto. (2008). Pedoman Penyuluhan Sastra. Yogyakarta: Balai Bahasa Yogyakarta.

Sari, Eka Murti. (2012). Peribahasa, Sastra Lama, dan Majas. Jakarta: Mata Elang.

Sugiarto, Eko. (2015). Terampil Menulis (Tips dan Trik Menulis Laporan, Opini, Cerpen, Puisi, Pantun). Yogyakarta:morfalingua.

Zaidan, Abdul Rozak, Rustapa, Anita K., dan Hani’ah. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.