PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERUMPAMAAN DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI

Erika Nurmalia Kapidin, Akhyaruddin Akhyaruddin, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Penelitian ini ini bertujuan mendeskripsikan gaya Bahasa perumpamaan dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Penelitian ini menganalisis novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode content analysis atau analisis struktur penggunaan gaya bahasa dalam kalimat. Data| dalam penelitian ini adalah novel Laut Bercerita| karya| Leila| S. Chudori yang berupa| kata-kata, dialog, frasa, alinea, klausa maupun kalimat yang mengandung gaya bahasa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa penggunaan gaya bahasa perumpamaan sebanyak 26 data dalam novel  Laut Bercerita.  Penulis banyak mengumpamakan sebuah kejadian atau watak dengan benda lainnya yang memiliki sifat atau deskripsi yang sama bertujuan untuk mempengaruhi pembaca. Data tersebut merupakan contoh pemanfaatan bentuk penggunaan gaya bahasa perumpamaan, yang unik dan menimbulkan efek estetis pada pembaca. Maka, dapat disimpulkan makna gaya bahasa perumpamaan pada novel Laut Bercerita disampaikan secara implisit oleh penulis yang di mana pembaca harus menafsirkan sendiri dengan menggunakan akal pikiran dan kepekaan batinnya. Penulis banyak membandingkan satu hal dengan hal lain, dengan penyampaian yang sedikit berlebihan untuk menekankan maksud yang ingin disampaikan.


Keywords


analisis; gaya bahasa perumpamaan; novel laut bercerita karya leila s. chudori

References


Keraf. G. (2021). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Khusnin, M. (2012). Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya Terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Leila. S. C. (2017). Laut Bercerita. Jakarta: KPG.

Meitridwiastiti, A. A. A. (2022). PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 9(2), 211-226.

Rahmawati, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Mereka Bilang Aku Kemlithi Karya Hanifa Vidya. Doctoral dissertation, Universita Islam Sultan Agung Semarang.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v7i2.7040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.