MAJAS KATA DAN MAJAS MAKNA PADA IKLAN MAKANAN DI TRANS TV: KAJIAN SEMANTIK

Ratih Utami Ramadhaniati, Emilia Contessa, Lasmiatun Lasmiatun, Rigga Sabikah

Abstract


Penggunaan majas sangat penting dalam dunia periklanan sebab penggunaan majas yang tepat akan berefek pada peningkatan penjualan dari produk yang ditawarkan.Penelitian tentang majas sudah sangat banyak dilakukan namun perbedaan penelitian ini dengan penelitian lainnya yaitu penelitian ini mengkaji  majas dalam konteks detail yaitu majas kata dan majas makna dalam bahasa iklan.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan majas kata dan majas makna yang terdapat pada iklan produk makanan di Trans TV.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat sepuluh jenis majas yang terkandung pada iklan makanan di Trans TV. Pada kategori majas kata terdapat enam jenis majas yang terkandung di dalam bahasa iklan yaitu: empat iklan mengandung majas repetisi, dua iklan mengandung majas aliterasi, dua iklan mengandung majas tautologi, satu iklan mengandung majas rhyme, satu iklan mengandung majas antanaklasis, dan satu iklan mengandung majas onomatopoeia. Pada kategori majas makna terdapat empat jenis majas yang terkandung di dalam bahasa iklan, yaitu: tiga iklan mengandung majas metonimia, empat iklan mengandung majas hiperbola, satu iklan mengandung majas hipalase, dan satu iklan mengandung majas prolepsis/antisipasi. Simpulan penelitian terlihat majas yang paling banyak ditemukan adalah jenis majas hiperbola dan majas repetisi.


Keywords


majas, iklan, trans tv

References


Arikunto, Si. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, G. (2019). Diksi dan gaya bahasa (edisi revisi). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (2019). Komposisi (Edisi Revisi). Ende: Nusa Indah.

Lestari, S. P., Amalia, S. N., & Sukawati, S. (2019). Analisis Majas Dalam Lirik Lagu Hingga Ujung Waktu Karya Eross Candra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 15-20.

Madiyanti, Muslikh. (2020). Copy writing; Retorika iklan dan storrytelling, teori dan teknik menulis naskah iklan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mahayana, Maman S. (2015). Bahasa Indonesia kreatif. Jakarta: Penaku.

Mahsun. (2011). Metode penelitian bahasa. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabet.

Tria Rama, O. (2017). Analisis penggunaan majas pada iklan produk kesehatan di majalah ayah bunda. Thesis. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Wahyuningsi, E. (2014). Majas dan Retorik dalam Iklan Kampanye Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v7i2.7362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.