ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATERA SELATAN

Doni Samaya, Falina Noor Amalia, Senny Novita Sari, Juwita Syafitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar khsusunya Mata Kuliah Menyimak yang Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Bahan ajar yang tepat dan layak digunakan dalam suatu pembelajaran sebaiknya berdasarkan kebutuhan mahasiswa terhadap mata kuliah yang diajarkan agar mahasiswa dapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan dan inginkan. Hasil penelitian berupa data yang menggali respons mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar mata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap pengembangan buku ajarmata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap evaluasi buku ajarmata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap pengembangan buku ajar mata kuliah menyimak; kendala dan saran mahasiswa terkait buku ajar mata kuliah menyimak. Berdasarkan data yang ditemukan dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tridinanti membutuhkan buku ajar menyimak yang sesuai kebutuhan. 


Keywords


analisis kebutuhan; bahan ajar; mata kuliah menyimak

References


Hijriyah, U. (2016). Menyimak Strategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat .

Ismawati, E. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra [Methodology of Education Research and Literature]. Surakarta: Yuma Pustaka.

Libiawati, D., D. Indihadi, dan A. Nugraha. (2020). Analisis Kebutuhan Penyusunan Buku Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Menulis Teks Eksplanasi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2) 77-88.

Nadya, N. L., & Amalia, F. N. (2019). Needs Analysis of Local Millennial Fairy Tales Textbooks Development. In Proceeding of The International Conference on Literature (Vol. 1, No. 1, pp. 426-433).

Rahman , Widya , R. N., & Yugitiati, R. (2019). Menyimak & Berbicara Teori dan Praktik. Sumedang : ALQAPRINT JATINANGOR.

Samaya, D. (2021). Desain dan Validasi Buku Cerita Bergambar untuk Membaca Dini Berbasis Kearifan Lokal Sumatra Selatan. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa (Vol. 14, No. 2, 85-95).

Sofyan, A., Nurhendrayani, H., Mustopa, & Hardiyanto, E. (2015). Panduan Penggunaan Bahan Ajar. Lembang: Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PP-PAUDNI).

Sudiati. (2019). Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Modul 4 Keterampilan Berbahasa Reseptif. Kemendikbud .

Sulistyani, N., S. Akbar, dan C. Sa’dijah. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kota Batu. In Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 (Vol. 6, No. 35, pp. 836-834).

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Mataram : Sanabil.

Suwartaya, Angraeni, E., Rujuyati, Saputra, S., & Setyaningsih, D. A. (2020). PanduanPengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (BA-PJJ) Sekolah Dasar. Pekalongan.

Wibowo, W. (2016). Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi Hakikat, Formulasi, dan Problem Etisnya [Writing a modul in university, formulation, and ethical problems]. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v8i1.7618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.