PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI SMK

Mutia Putri Aisyah, Sri Parwanti, Mulyati Mulyati

Abstract


Rendahnya kemampuan menulis teks prosedur siswa dan siswa belum berperan aktif selama proses pembelajaran. Dalam rangka mengatasai masalah tersebut peneliti mencari tahu apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa SMK YP Gajah Mada Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment design. Dalam penelitan ini, teknik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data adalah wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Populasi pada kegiatan pre-eksperimen ini adalah siswa kelas XI SMK YP Gajah Mada Palembang, sampel dipilih secara purposive sampling yang menghasilkan kelas XI TITL 2 berjumlah 32 siswa.  Data yang diperoleh pada kegiatan tes awal (pretest) kepada siswa sampel, menunjukkan 2 orang meraih skor terkecil yaitu 25  dan 3 orang meraih skor tertinggi yaitu 75 dan menghasilkan nilai rata-rata 51.93. Pada kegiatan tes akhir (posttest), menunjukkan 4 orang siswa sampel meraih skor terkecil yaitu 66 dan 2 orang meraih skor tertinggi yaitu 100, dan nilai rata-rata yang dicapai adalah 81.93. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa di SMK YP Gajah Mada Palembang.


Keywords


pengaruh; model pembelajaran; kooperatif; Numbered Head Togehther (NHT); teks prosedur

References


Andriani, R. R. S. (2019). Efektivitas Model Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas Viii Smp Negri 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Pbsi, Universitas Pgri Yogyakarta.

Astutik, P., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 154–168.

Fatma Nraini Putri. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia Fatma Nuraini Putri. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8, 16–24.

Fernanda, Agnes & Edi Sukardi. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. JURNAL BASICEDU, 6.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Kenedi, J., Gumono, G., & Suryadi, S. (2021). Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Sebelum dan Sesudah Menggunakan Media Google Classroom Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 181-196.

Mulyanaa, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN BAITUSSALAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).

Parwanti, Sri. (2022). Sintaksis Bahasa Indonesia. Palembang: NoerFikri.

Permatasari, I., Marni, S., & Nisja, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Padang. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3; Mei), 301–310.

Rizkiani, A., & Rifdah, S. N. R. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Smk Kebon Jeruk. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 45–54.

Suaryo, A., Lurina, R. O., & Isnaini, H. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Pamanukan, Kabupaten Subang. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 2962–8687.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surismiati. (2020). Membaca. Palembang: NoerFikri.

Tanjung, S., Marni, S., & Dwinita, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Example dan Non-Example terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(2), 155-166.

Wahyuni, V. E. (2020). Metode Demonstrasi Problem Based Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1), 101–115.

Wati, Sakdiah. (2023). Serba-Serbi Menulis Akademik untuk Perguruan Tinggi. Palembang: NoerFikri.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v8i1.8671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.