PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TRIDINANTI DENGAN MEMANFAATKAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Edi Suryadi, Muhklas Muhklas, Lutina Lutina, Janaria Putri Isla, Winda Miranda

Abstract


Bahasa dan Sastra Indonesia semester 4 dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan sintaks model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada mata kuliah perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2023 dan berlangsung selama tiga bulan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 reguler pagi berjumlah 23 orang. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, digunakan metode tes dan pengamatan. Nilai tes untuk setiap siklus akan dihitung untuk menguji hasil pengumpulan data. Dengan tingkat keberhasilan individu minimal 75 dan, secara keseluruhan, 80%, rata-rata hasil belajar mahasiswa semester 4 dalam program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diakui sebagai tingkat persentase keberhasilan belajar berdasarkan hasil setiap siklus. Temuan penelitian ini menunjukkan kemahiran mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 4 di Universitas Tridinanti tahun akademik 2022/2023 dalam mendesain rencana pelaksanan pembelajaran dengan menggunkan sintak model pembelajaan berbasis masalah pada siklus 1 skor rata-rata 76.08 dan tingkat keberhasila  belajar 65,21%. Sikluls 2 diperoleh nilai rata-rata 79 dan tingkat ketuntasan belajar 86 %. Dengan peningkatan rata-rata pada siklus 1 (76,08) dan siklus 2 (79) sebanyak 3,31%, hasil peningkatan nilai penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mencakup semua unsur yang dijadikan kriteria penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 4 Universitas Tridinanti dapat lebih mahir menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan sintaks model pembelajaran berbasis masalah.


Keywords


Mendesain RPP, Sintak PMB

References


Abimanyu S. (2008). Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran 3 SKS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Akbar B. (2007). Laporan Field Study: Matakuliah Pengembangan Program Pendidikan IPA. Profil Pembelajaran IPA Guru SD Di Pandeglang-Banten. Bandung: UPI.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemendikbud.

Depdiknas. (2006). Model penilaian Kelas. Jakarta: Dirjen Diksasmen.

Holil, A. (2009). Hakikat Pembelajaran IPA.

Kurniasih, I & Sani B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Mulyasa E. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

.Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudrajat A. (2009). Review dan Silabus, RPP PAI. Makalah disampaikan dalam Bimtek KTSP Bagi Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten/Kota 1-5 Juni 2009. Surabaya.

Sukardi. (2015). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas implementasi dan pengembangannya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Susena., Triwahyuningsih., Supriyadi., & Arief, D. B. (2016). Kesulitan-kesulitan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kurikulum 2013 di SMP se Kota Yogyakarta. In Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive and Fun Education Seminar) Ke-1 (pp. 220-233). Surakarta, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Usman, M.U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Cetakan XVII. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v8i2.9154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.