PENGARUH MEDIA ARTIKEL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 PALEMBANG

Listini Listini

Abstract


Masalah dalam penelitian ini apakah media artikel berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen
semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang sebanyak 435 siswa. Sedangkan, pengambilan sampel peneliti menggunakan sampel kelompok atau sampel kelas
(Cluster Sample). Sehingga, terpilihnya kelas X MIPA 4 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan melalui
tes menulis teks eksposisi, angket untuk siswa, dan wawancara untuk guru. Hasil dari penelitian adalah pada kelas eksperimen (kelas X MIPA 1) nilai tertinggi adalah 90, nilai tengahnya 80, nilai terendah
adalah 63, dan nilai rata-rata yang dicapai 75,1 dengan deviasi tes siswa kelas eksperimen (?x2) adalah 1374. Sedangkan pada kelas kontrol (kelas MIPA 4) nilai tertinggi adalah 77 nilai tengahnya 65, nilai
terendah adalah 50, dan nilai rata-rata yang dicapai 64,8dengan deviasi tes siswa kelas kontrol (?y2)adalah 1398. Kesimpulan penelitian ini adalah media artikel berpengaruh dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 19 Palembang. Pengaruh ini terbukti bahwa uji hipotesis t0lebih besar dari pada “t tabel” pada taraf signifikan 0,05% yaitu 7,68 >1,665, dengan
DK (Derajat Kebebasan) 78. Hipotesis yang dikemukakan yaitu, media artikel dalam keterampilan menulis teks eksposisi siswa SMA Negeri 19 Palembang terbukti kebenarannya. Berdasarkan jawaban
angket siswa ketersediaan buku pelajaran tentang menulis teks eksposisi kurang lengkap.Guru bahasa Indonesia, berpendapat bahwa siswa mengalami sedikit kesulitan dalam memahami materi menulis teks
eksposisi. Saran peneliti, Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, dan dapat dijadikan salah satu sarana yang menunjang untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dan menjadi
motivasi bagi guru untuk mampu berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik terutama dalam pengajaran bahasa Indonesia.

Keywords


menulis; teks eksposisi; artikel

Full Text:

PDF

References


Andriansyah. (2014). Pintar Menulis Artikel. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Emzir. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Kosasih, Engkoh. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Marahimin, Ismail. (1994). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&O. Bandung: Alfabeta.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri dan Ayu, Basoeki Harahap. (2011). Telaah Wacana.Depok: Komodo Books.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.