ANALISIS TIPE, FUNGSI, DAN FITUR LINGUISTIK DALAM PENGUTIPAN BAGIAN PENDAHULUAN ARTIKEL JURNAL PENELITIAN BERBAHASA INDONESIA BIDANG ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

Juni Syaputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe, fungsi, dan jenis kalimat dalam pengutipan bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pengutipan yang mengandung unsur tipe, fungsi, dan jenis kalimat aktif, pasif. Sumber data empat puluh bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora memiliki dua tipe pengutipan yaitu integral dan nonintegral, tetapi yang dominan digunakan adalah tipe nonintegral. Bagian pendahuluan juga memiliki 7 fungsi pengutipan yang berbeda, tetapi yang lebih dominan digunakan adalah fungsi 1 mendukung pentingnya judul penelitian. Sementara penggunaan jenis kalimat aktif, pasif dalam pengutipan bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian lebih dominan menggunakan jenis kalimat aktif. Tipe pengutipan yang dominan digunakan dalam hasil penelitian ini adalah tipe pengutipan nonintergral. Fungsi utama pengutipan pada bagian pendahuluan artikel jurnal penelitian berbahasa Indonesia bidang ilmu sosial dan humaniora lebih mengutamakan mendukung pentingnya topik/judul penelitian. Penggunaan jenis kalimat yang dominan digunakan adalah jenis kalimat aktif.

Keywords


tipe; fungsi; fitur linguistik; artikel jurnal penelitian

Full Text:

PDF

References


Fauziah, Mur. (2014). “Analisis Struktur Retorika dan Fitur Linguistik Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia Dalam Bidang Sosial dan Humaniora”. Tesis Tidak Dipublikasikan. Bengkulu: Fakultas Pascasarjana Universitas Bengkulu.

Keraf, Gorys. (1994). Komposisi: Nusantara Indah. Jakarta.

Santoso, Urip. (2014). Kiat Menulis Artikel Ilmiah: Graha Ilmu. Yogyakarta.

Safnil dan Arono. (2016a). Analisis Struktur Retorika dan Fitur Linguistik Teks Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Berbahasa Indonesia dalam Berbagai Bidang Ilmu (Tahun Ke Tiga Dari Rencana Tiga Tahun): Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Safnil. (2014). Pengantar Analisis Retorika Teks: Bengkulu FKIP UNIV Press. Bengkulu.

Safnil. (2014). Menulis Artikel Jurnal Internasional Dengan Gaya Retorika Berbahasa Inggris. Halaman Moeka Publishing dan Universitas Bengkulu: Jakarta.

Safnil dan Arono. (2016b). Sukses Menulis Pendahuluan Artikel Jurnal Internasional. Jakarta: Halaman Moeka Publishing dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Swales, M. Jhon. (1990). Genre Analysis Englis In Academic and Research Settings: Applied Linguistics. Cambridge.

Painingsih, Atmi. (2014). “Analisis Struktur Retorika dan Fitur Linguistik Bagian Pendahuluan Artikel Jurnal Penelitian Berbahasa Indonesia Dalam Bidang Ilmu Sains”, Tesis Tidak Dipublikasikan. Bengkulu: Fakultas Pascasarjana Universitas Bengkulu.

Wardhana, Dian Eka Chandra. (2006). Representasi Tindak Tutur Direktif Penutur Jawa Pendatang Dalam Komunikasi Lisan Masyarakat Multientnik di Bengkulu. Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wardhana, Dian Eka Chandra. (2016). Tatatulis Karangan Ilmiah Remaja Khusus Bab Temuan dan Pembahasan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.