RASA BENCI SEBAGAI API PERLAWANAN: ANALISIS PSIKOLOGIS MARSINAH DALAM MONOLOG MARSINAH MENGGUGAT

Endah Wilis Sudarsono, Thannia Angelina Lee, Rudi Adi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk memahami peran emosi  dalam perjuangan Marsinah melawan ketidakadilan. Teori yang digunakan adalah teori emosi  David Krech yang menitikberatkan pada perasaan terhadap orang lain yaitu kebencian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana tidak menggunakan data variabel melainkan data diambil dari teknik studi pustaka naskah monolog Marsinah Menggugat. Dengan menggunakan pendekatan interpretatif, dimana peneliti akan menafsirkan makna dan implikasi dari temuan yang diperoleh dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebencian yang dirasakan oleh Marsinah merupakan reaksi yang kompleks terhadap kondisi sosial dan pribadi, seperti ketidakadilan dalam upah, kekerasan seksual, dan ketidakpedulian dari pihak berwenang. Kebencian ini tidak berdiri sendiri, melainkan terjalin dengan emosi lainnya, seperti kemarahan, ketakutan, kekecewaan, rasa bersalah, dan kesedihan. Monolog Marsinah mencerminkan kebencian sebagai motivasi yang kuat untuk melawan ketidakadilan dan penindasan, yang terlihat dalam pilihan kata dan ekspresi emosionalnya.


Keywords


emosi; kebencian; david krech; marsinah

References


Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra, Jenis-Jenis Karya Sastra, dan Bagaimana Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Amalia, A. K., & Fadhilasari, I. (2022). Buku Ajar Sastra Indonesia. Bandung: Indonesia Emas Group.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media. Pressindo

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ginting, dkk (2022). Obsesi Tokoh Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di Sma (Tinjauan Psikologi Sastra). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.154

Hamzah, I., Rusdiawan, R., & Mahyudi, J. (2022). Klasifikasi Emosi Tokoh Qais Al-Qarani Dalam Novel Layla Majnun Karya Nizami Al-Ganjavi: Kajian Perspektif David Krech. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3250

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Hidayati, E. S. ., Wardiah, D. ., & Ardiansyah, A. . (2021). Klasifikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Titian Takdir Karya W Sujani (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2005–2017. http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1212

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: AE Media Grafika.

Krech, D. (1969). Elements of Psychology. New York: Knopf.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709

Marciano, R., & Alfirdaus, M. M. (2019). Belajar Monolog: Persiapan Menuju Pementasan Monolog. Surabaya: Wilwatikta Press.

Mulatsari, A. H. ., & Onok Yayang Pamungkas. (2023). Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Hai, Luka Karya Mezty Mez: Kajian Psikologi Sastra. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 162–173. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.116

Nuryanto, Tato. (2014). Mari Berdamai Drama Kebahagiaan Sejati (Panduan Praktis Menjadi Aktor dan Aktris). Cirebon: Elsi Pro.

Prawira, S. D. (2018). Karakter Tokoh Utama pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah Fonema, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.25139/fn.v1i1.1092

Septiana, A., Murahim, & Marii. (2020). Klasifikasi Emosi Tokoh Nathan dalam Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani: Kajian Perspektif David Krech: Nathan’s Emotion Classification in The Novel Dear Nathan By Erisca Febriani: Study of David Krech’s Perspective. Jurnal Bastrindo, 1(1), 17-31. https://doi.org/10.29303/jb.v1i1.16

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.

Sumardjo, J. & Saini K. (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yeti, Y., Seli, S., & Wartiningsih, A. (2023). Analisis Emosi Tokoh Utama dalam Novel Segala yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah (Kajian Perspektif David Krech). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(9), 2340-2352. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i9.69176




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.9256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.