KEEFEKTIFAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MADANG SUKU II KABUPATEN OKU TIMUR

Edi Suryadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektif atau tidaknya teknik pemetaan pikiran (mind map) dalam pembelajaran pada keterampilan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri I Madang Suku II Kabupaten OKU Timur yang berjumlah 5 kelas, jumlah keseluruhan siswa 177 orang. Sampel penelitian ini, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X.3 (kelas eksperimen) berjumlah 35 siswa, memperoleh pembelajaran menggunakan teknik pemetaan pikiran (mind map) dan kelas X.5 (kelas kontrol) berjumlah 35 siswa, menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Ha yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur;(2) Ho yang berbunyi teknik pembelajaran peta pikiran tidak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur. Untuk menyatakan bahwa hipotesis ditolak dan diterima, hipotesis diuji dengan uji-t (t-test), dengan tarap signifikasi ?=0,05. Apabila “t” hitung lebih dari “t” tabel (nilai titik t) pada <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diketahui bahwa siswa kelompok eksperimen nilai rata-rata pretes 52. Pada saat postes nilai rata-rata 77,96. Untuk siswa kelas kontrol nilai rata-rata pretes 48,86. Pada saat postes nilai rata-rata 61,5. Dari hasil analisis data tes terbukti bahwa hasil belajar siswayang diajar dengan teknik peta pikiran (mind map) lebih efektif daripada siswa yang diajar dengan model konvesional pada pembelajaran menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Madang Suku II Kabupaten OKU Timur (taraf signifikan 95%).

Keywords


teknik pemetaan pikiran; model konvensional; teks pidato

Full Text:

PDF

References


Akhadiah,S., Arjad, M.G., & Ridwan. (1992). Pembinaan kemampuan menulis bahasa indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, T. (2007). Buku pintar mind map, membuka kreatifitas, memperkuat ingatan, dan mengubah hidup. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, T. (2006). Mind map untuk meningkatkan kreatifitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadinegoro, L. (2008). Teknik seni berpidato muntahir. Yogyakarta: Absolut.

Hariwijaya, T. (2008). Pedoman penulisan ilmiah proposal dan skripsi. Jakarta: Aprindo.

Mafrukhi & Nurcolis. (2007). Komponen berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bangdung: Alfabeta.

Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar kemampuan menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, W. (2007). Berani menulis artikel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Windura, Susanto. (2008). Mind Map Langkah Demi Langkah. PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.