KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI OKU

Inawati Inawati, Muhamad Doni Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri OKU membaca cepat dan pemahaman. Metode yang digunakan deskripsi analisis. Sampel penelitian berjumlah 251 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca cepat dan pemahaman siswa bervariasi dengan kategori sedang dan rendah. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa membaca cepat dan pemahaman yaitu SDN 1 OKU sebesar45,68. SDN 3 OKU sebesar 50,26. SDN 4 OKU mencapai 54,17. SDN 5 OKU mencapai 40,45. SDN 11 OKU mencapai 50,33. SDN 12 OKU mencapai 47,59. SDN 18 OKU mencapai 51,54. SDN 24 OKU mencapai 43,94. Sementara itu, kemampuan membaca cepat siswa SDN 1 OKU diketahui 17 siswa kecepatan membacanya sedang, 23 siswa kecepatannya rendah. SDN 3 OKU sebanyak 12 siswa kecepatannya sedang, 17 siswa kecepatannya rendah. SDN 4 OKU 16 siswa kecepatannya sedang, 6 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 5 OKU sebanyak 6 siswa kecepatannya sedang, 10 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 11 OKU sebanyak 12 siswa kecepatannya sedang, 12 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 12 OKU sebanyak 8 siswa kecepatannya sedang, 13 siswa kecepatannya rendah.SD Negeri 18 OKU sebanyak 7 siswa kecepatannya sedang, 14 siswa kecepatannya rendah. SD Negeri 24 OKU sebanyak 13 siswa kecepatannya sedang, 15 siswa kecepatannya rendah.

Keywords


kemampuan; membaca cepat; pemahaman

Full Text:

PDF

References


Aulia, Resti. (2012). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak. Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 1 Nomor 2 Mei 2012.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas.

Dick, Walter, Lou Carey, and James O. Carey. (2005). The Systematic Design Of Instruction. Boston: Pearson.

Harras, Kholid, Endah Tri Priyani dan Titik Harsiati. (2007). Membaca 1: Buku Materi Pokok Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurniawati, Rikke. (2012). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012.

Nunan, David. (2006). Partical English Language Teaching: Young Learning. America: Mcgraw Hill.

Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?: Teknik Memahami Literatur Yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurhadi. (2005). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru.

Nurhayati. (2012). Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya. Yogyakarta: Leutika Prio.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slamet. (2009). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Paedagogia, Jilid 12, Nomor 2, Agustus 2009, halaman 118 – 129.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar: Modul Materi Pokok IDIK 4009. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soedarso. (2005). Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subadiyono. (2011). Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Menggunakan Pendekatan Interaktif (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya). Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Sugiyono. (2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Atwi. (2004). Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.