PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DORATOON: TEKS DESKRIPSI UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PRABUMULIH

Aisyah Fansiadri, Khalidatun Nuzula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual menggunakan aplikasi doratoon pada materi teks deskripsi untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan fokus pada tahap ADD yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development.(pengembangan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara oleh peserta didik dan guru serta validasi ahli. Berdasarkan hasil dari analisis kebutuhan melalui penyebaran angket menunjukkan bahwa dari 20 pernyataan peserta didik memilih Sangat Butuh (76%), Butuh (7%), Kurang Butuh (0%), dan Tidak Butuh (0%). Uji validasi ahli dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Hasil uji validasi bahasa memperoleh skor 36 (90%) menandakan pemakaian bahasa yang tepat dan jelas, validasi media skor 34 (85%) dengan desain yang sistematis dan animasi menarik walaupun beberapa aspek masih perlu penyempurnaan, lalu validasi materi skor 36 (90%) menunjukkan kesesuaian materi pada tujuan pembelajaran. Secara keseluruhan, media pembelajaran audio visual menggunakan aplikasi doratoon pada materi teks deskripsi ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dan diharapkan dapat menjadi sebuah alternatif media pembelajaran yang menarik, efektif, inovatif, dan interaktif dalam mendukung pembelajaran teks deskripsi di kelas VII SMP.


Keywords


Pengembangan; Doratoon; Teks Deskripsi

References


Aldi, G., Y, F., & Jarmani. (2023).

Pengembangan media audio visual materi gaya dan pesawat sederhana kelas iv SDN Gregen 129 Surabaya. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 177– 194.

Branch, R. M. (2010). Instructional

design: The ADDIE approach. Springer.

https://doi.org/10.1007/978- 0-387-09506-6

Fadimpo, H. P., Rahmadhani, I. A., &

Sahiruddin. (2024). Pengembangan media video pembelajaran berbasis doratoon pada materi pancasila dan pandangan hidup bangsa kelas VII SMP Negeri 3 Kabupaten Sorong. Jurnal Kajian dan Peneliitian Umum, 2(2), 10–

Farida, C., Destinar, D., & Fuadiah,

nyiayu fahriza. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi penyajian data. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 55.

Fauziah, M. putri, & Ninawati, M.

(2022). Pengembangan media audio visual (video) doratoon materi hak dan kewajiban penggunaan sumber energi mata pelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 1–9.

Fitria, T. N., & Pratiwi, D. N. (2020). Pengajaran menulis teks deskripsi berbahasa inggris dengan media visual. Edunomika, 4(1), 17–18.

Maulana, R. (2019). Pengetahuan guru

pendidikan jasmani dalam pengembangan media pembelajaran penjas di

SMK Negeri Se-Kabupaten Bantul. 1–10.

Mutaqim, Hartono, B., & Utami, S. P. T.

(2019). Pengembangan peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan Metode AJH (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan pada siswa kelas X akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 11–

Nurhidayati, N., Harjito, & Suwandi.

(2020). Pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi menggunakan media bagan berbasis kontekstual untuk SMP Kelas VII Kota Semarang. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan

Pengajarannya, 24–32.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media

pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1). https://doi.org/10.33511/mi sykat.v3i1.52

Oktalia, A. (2024). Pengembangan e-

modul menggunakan aplikasi book creator materi menulis teks narasi pada peserta didik kelas VII SMP

Listini, Pengaruh Media Artikel Negeri 26 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Rabiah, & Widodo, S. T. (2023).

Pengembangan video animasi doratoon materi keberagaman sosial budaya di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V. Journal of Economic Education, 12(2),

–89.

Rahayu, L., Dewi, R. S., & Hakim, Z. R.

(2023). Pengembangan

media pembelajaran interaktif berbasis video animasi doratoon pada pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Edukasi, Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 15(2), 295–

Rahmawati, S. (2022). Pengembangan

media pembelajaran berbasis doratoon pada materi sastra kreatif siswa Kelas X IPA SMA Aisyiyah

Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Resmol, K., & Leasa, M. (2022). Efek

dari siklus pembelajaran 5E

+ powtoon pada siswa motivasi: konsep binatang metamorfosis. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 8(2), 121–128.

Salsabillah, A. R. (2023).

Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi doratoon pada materi teks persuasi peserta didik Kelas

VII SMP Negeri 26 Palembang. Universitas Sriwijaya.

Sari, F. U. D. N. (2022). Pengembangan

media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi vlog now pada materi wujud benda dan sifat benda Kelas di SD Negeri 10 Payaraman. Univeristas Sriwijaya.

Septiyani, A. A. (2023).

Pengembangan media

pembelajaran video animasi berbasis doratoon untuk mata pelajaran bahasa indonesia kelas II di MI-AL Falah Benculuk Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Simanulang, Y. P., Ananda, L. J.,

Gullont, I., Tamba, R., & Gandamana, A. (2023). Development of discovery learning based animation video media assisted by the doratoon application on theme 8 subtheme 1 Class V to Q.A 2022/2023.

Indonesian Journal of Advanced Research (IJAR), 2(1), 1535– 1544.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, L. R. retno, Hartono, H., Raharjo, M., Slamet, A., & Oktarina, S. (2022). Pendampingan pembelajaran inspiratif melalui media canva dan liveworksheet untuk guru di Kota Palembang dan Pangkal Pinang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4),

Syarapuddin, S., & Elihami, E. (2020).

Peningkatan motivasi belajar siswa melalui video rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1),

–200.

Tamara, R. (2024). Pengembangan

media pembelajaran berbasis android menggunakan smart apss creator 3 pada materi unsur-unsur pembangun cerita pendek Kelas XI SMAN 1 Unggulan Muara Enim. Universitas Sriwijaya.

Yanti, I. (2023). Pemanfaatan media

pembelajaran berbasis doratoon untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1),

–45.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.9699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.