PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL RENDERFOREST: MENULIS PUISI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 INDRALAYA UTARA

Ranti Apriani, Ansori Ansori, Hani Atus Sholikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi renderforest pada materi menulis puisi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan metode pengembangan Allensi & Trollip (planning, design, dan development). Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, wawancara dengan siswa dan guru, serta validasi oleh para ahli. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa angket tertutup memperoleh skor 85,1% yang menunjukkan bahwa media sangat dibutuhkan. Didukung dengan angket terbuka yang menyatakan bahwa siswa membutuhkan media audiovisual renderforest dalam pembelajaran menulis puisi. Validasi kelayakan dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan media. Hasil validasi materi memperoleh skor 44 dari 48 (95,8%), ahli bahasa 47 dari 52 (90,3%), dan ahli media 42 dari 44 (93,3%). Media ini telah melalui tahapan revisi berdasarkan masukkan dari para ahli, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran yang interatif dan efektif. 


Keywords


Pengembangan; Renderforest; Menulis Puisi

References


Aditya, A. Y. (2024). Pengembangan vidio pembelajaran berbantuan renderforest berbasis kolaborasi. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(02), 60–72.

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning methods and development (Allyn and Bacon (ed.)).

Arikunto. (2013). Model Pengembangan Penelitian.

Harahap, Y. M., & Lubis, S. I. (2021). Pengaruh blended learning berbasis aplikasi membaca pemahaman pada siswa mas yaspi labuhan deli. Jurnal Education and Development, 9(4), 123–127.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Tahta Media Group.

Jaya, E. (2020). Belajar memahami puisi. Satria Publisher.

Kuswandi, S., Rudiyana, & Delia, P. N. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 101--102.

Lian, B., Oksatianti, B. R., Risdianto, E., & Mayub, A. (2021). Need analysis of MOOCd-based learning media development to improve stundent motivation. Jurnal Pendidikan, 13(2), 870–871.

Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka sebagai upaya peningkatan keterampilan abad 21 dalam pendidikan. Anthor: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695.

Marwati, H., & Kwaskitanityas. (2021). Cerdas cergas berbahasa dan bersastra Indonesia. Pusat perbukuan badan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Nadjla, A. A., & Sulisworo, D. (2025). Pengembangan video pembelajaran Berbasis renderforest untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 4(1), 1–9.

Oktarina, S., Suhendi, D., & Subadiyono. (2019). Analisis kebutuhan buku teks sejarah sastra berdasarkan pendekatan genre. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 6(5), 205–217.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1).

Pratiwi, F. P., & Handayani, S. L. (2023). Penggunaan renderforest terhadap kreativitas belajar pada siswa sekolah dasar. Jurnal Perseda, 6(3).

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3).

Ravilla, T. D., Rahma, & Novianti. (2023). Pengembangan video learning berbasis problem based learning berbantuan aplikasi renderforest pada materi pythagoras. Jemas: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 12–18.

Risa, S. W., Gani, R. A., & Wijaya, A. (2024). Pengembangan media video animasi menggunakan renderforest pada subtema perkembangan teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).

Sahdan, A., Fitrah, Y., & Salim, A. (2022). Penerapan tehnik imagine (khalayak visual) materi menulis puisi peserta didik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 2.

Sari, I. P., & Fathoni, A. (2022). Problem based learning model assisted by renderforest video animation on mathematics learning outcomes. International Journal of Elementary Education, 6(3), 648–656.

Sudarma, P. (2020). Mengupas puisi. CV. media Educations.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukirman. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–74.

Wulandari, A. P., Cahyani, A. A. S. K., & Tsani Shofiah Nurazizah Zakiah Ulfiah. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3930.

Zaharah, F., Husna, M., Sa’bani, N., Aminah, S., & Wismanto. (2024). How To develop dalam fungsi dan manfaat media Pembelajaran mi sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 41–48.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.9733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.