PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI BOOK CREATOR: TEKS DESKRIPSI UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 TANJUNG LUBUK

Evi Oktaviana, Hani Atus Sholikhah, Astrid Yulinda Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual dengan memanfaatkan aplikasi Book Creator, khususnya pada materi teks deskripsi untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, fokus utama penelitian ini terletak pada tiga tahap awal, yaitu Analisis, Desain, dan Pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dengan siswa dan guru, serta validasi dari para ahli. Hasil analisis kebutuhan yang diperoleh dari penyebaran angket menunjukkan bahwa dari 10 pernyataan, (34,4%) menyatakan sangat butuh, (44,8%) menyatakan butuh, dan 6 responen (20,6%) menyatakan kurang butuh. Hasil evaluasi dari ahli materi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan nilai 38 dari skala maksimum 40, yang setara dengan persentase 95%. Sementara itu, evaluasi oleh ahli bahasa memberikan nilai 33 dari 40, setara dengan 82,5%. Selain itu, evaluasi dari ahli media memperoleh nilai 39 dari 44, yang dikonversi menjadi persentase 88,6%. Secara keseluruhan, analisis kebutuhan mencapai persentase 88,12%. Pengembangan e-modul materi teks deskripsi menggunakan aplikasi berbasis web Book Creator juga menunjukkan hasil yang baik, dengan persentase rata-rata sebesar 88,7%. Berdasarkan semua hasil tersebut, media pembelajaran audio visual yang dikembangkan menggunakan aplikasi Book Creator pada materi teks deskripsi dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Diharapkan, alat ini bisa menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik, efektif, inovatif, dan interaktif untuk mendukung pembelajaran teks deskripsi di kelas VII SMP.


Keywords


Pengembangan; Renderforest; Menulis Puisi

References


Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Anggraeni, Y. K., & Sari, P. M. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sd. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 176–184. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4294

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112

Asmara, A. A., & Anggoro, S. (2023). Developing Radec Learning Model-Based Interactive E-Book on Force Using the Book Creator Application for the Fourth Graders of Elementary School. Proceeding Internasional Conference on Child Education, 1(1), 118–130.

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Dewi, A. C., Menulis, K., Deskripsi, T., Eksperimen, K., & Bahasa, P. (2025). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII di Smp Muhammadiyah Rappang. 4(2), 150–156.

Dewi, T. T., Arthur, R., & Murtinugraha, R. E. (2023). Manfaat dan Tantangan Pengembangan E-Modul Pada Pendidikan Kejuruan : Sebuah Kajian Literatur. Seminar Pendidikan dan Kejuruan Teknik Sipil (E-Journal), 1, 131–140.

Diana, I. N., & Susilo, H. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelompok Bermain Mambaul Ulum Ilfi. J+ Plus Unesa, 9(2), 94. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/36184

Ekawati, D., Gloriani, Y., & Mascita, D. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Digital Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas Vii Di Smp. Jurnal Tuturan, 11(1), 46. https://doi.org/10.33603/jt.v11i1.6507

Fatwa, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(2), 0–216.

Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Review: Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–156. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Munawwarah, Eka Putri, S., Magfirah Ilyas, N., Side, S., & Zubair, S. (2023). Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. INOVASI : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8–12. https://bookcreator.com/

Muzaqi, F. A., & Roekhan, R. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Teks Deskripsi di Kelas VII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 942–949. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p942-949

Nuraini, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2024). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar. Eksponen, 14(1), 30–39. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.855

Oktavia, W., & Harjono, H. S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 32–43. https://doi.org/10.22437/pena.v9i2.9069

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Purnamasari, L., Missriani, M., & Wahyu Indrawati, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gelumbang. Journal on Teacher Education, 5(3), 223–228. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.25491

Purwandari, I. D., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 681–691.

Rejo, U., & Kharisma, G. I. (2021). Efektivitas Metode Mind Mapping dalam Penulisan Kreatif Teks Cerita Pendek di SMP Negeri Kota Baru Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2021.2.2.52-60

Sanjaya, P. A., Made Pageh, I., Suastika, I. N., Kunci: E-Modul, K., & Berdiferensiasi, P. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421.

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). a. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, disimpulkan bahwa e-modul telah banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. Pengembangan emodul dalam pembelajaran fisika ditujukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan pros. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38.

Sarasa-Cabezuelo, A. (2020). A model for creating interactive ebooks for elearning. Future Internet, 12(12), 1–11. https://doi.org/10.3390/fi12120223

Suryanti, dan I. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematikan, 4(2), 167–179.

Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 333–349. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1545#

Wiedayanti, D. F., Prasetya, B., Hasyim, F., Suroija, N., Zaenuddin, A., Wibowo, B. Y., & Purnamasari, E. (2023). Pelatihan Ms . Power Point untuk Pengajaran. Community Development Journal, 4(6), 12256–12260.

Zulfi Idayanti, & Muh. Asharif Suleman. (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v9i1.9734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.