(Kopetensi Kepribadian Guru Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Dalam Perspektif Islam)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kompetensi kepribadian guru ditinjau dari Undang- undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dari perspektif Islam. Serta Penelitian ini mengeksplorasi relevansi kompetensi tersebut dengan nilai-nilai Islam dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pustaka yang menggunakan literatur-literatur ilmiah berupa buku, jurnal, maupun artikel sebagai sumber utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Pada penelitian ini tekhnik penggumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Yang dilakukan dengan cara mencari buku dan jurnal terkait teori kompetensi kepribadian. Baik teori secara peraturan yang belaku pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Kemudian mengumpulkan dan mencatat dalam perspektif Islam yang menggambarkan kompetensi kepribadian seorang guru. Setelah itu hasil yang telah terkumpulkan akan dijadikan satu kesatuan yang padu dan disusun agar menjadi suatu hasil penelitian yang valid. Hasil penelitian ini Pertama, Studi dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 14 Tahun 20025 ini menemukan bahwa penekanan undang-undang pada kepribadian guru yang stabil, dewasa, dan bijaksana sejalan dengan ajaran Islam tentang akhlak mulia, amanah, dan kasih sayang. Kedua, Terdapat tantangan dalam pelaksanaan akibat pemahaman guru yang bervariasi, beban administratif, dan pengaruh sosial yang negatif. Ketiga Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, integrasi nilai-nilai Islam, dan evaluasi reguler untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru dan mendorong perkembangan holistik siswa.
References
Arifai, Ahmad, ‘Kompetensi Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, RAUDHAH Proud To Be Professional Jurnal Tarbiyyah Islam, 3.1 (2018), 27–38 https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i1.4
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakarta: Sekretariat Negara, 2005)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya (Jakarta: Syaamil Qur’an, 2010)
Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, 3rd edn (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014)
Wiyani, Ardy, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Yogyakarta: Gava Media, 2014)
Sopian, Ahmad, ‘USopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam PendidikanT. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. Https://Doi.Org/10.48094/Raudhah.V1i1.10gas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam PendidikanT’, Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1.1 (2016), 88–97
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan. Sistem (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik (Jakarta: Kencana, 2012)
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)
KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya, 2018)
Alwisol, Psikologi Kepribadian Edisi Revisi (Malang: UMM Press, 2009)
Sujiono, Yuliani Nurani, Metode Pengembangan Kognitif (Jakarta: Universitas Terbuka, 2011)
Azwar, Saifuddin, Sikap Manusia: Teori & Pengukurannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116