Membangun Pendidikan Peserta Didik Berbasis Peningkatan Prestasi Di SMPIT Cahaya Islam Serpong Tangerang Selatan

Yayat Hidayatul Muttaqin, Lukmanul Hakim

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian tentang Membangun Pendidikan Peserta Didik Berbasis Peningkatan Prestasi di SMPIT Cahaya Islam Serpong Tangerang Selatan. Pembiasaan menjadi salah satu metode agar menciptakan budaya sekolah yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, menjamin kesuksesan dalam menanamkan karakter pada peserta didik, dan metode pembiasaan diadakan untuk menciptakan budaya positif di lingkungan sekolah.

Pertanyaan dalam penelitian ini ialah bagaimana membangun pendidikan karakter peserta didik berbasis peningkatan prestasi di SMPIT Cahaya Islam Serpong Tangerang Selatan ? Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan peserta didik berbasis peningkatan prestasi yaitu melalui prestasi akademik dan non akademik. Dari segi religius, yaitu melalui kegiatan literasi agama dengan menjadi memiliki antuasias tinggi dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an. kitab suci agamanya, sikap yang malas sholah menjadi tepat waktu dalam beribadah, menambah rasa cinta terhadap agamanya. Dari sisi disiplin, peserta didik memiliki kedisiplinan yang tinggi, menjadi peserta didik yang lebih tepat waktu. Dari sisi kepedulian lingkungan, peserta didik menjadi peserta didik yang lebih sadar akan pentingnya menjaga, merawat dan peduli terhadap lingkungan. Dari sisi kepedulian sosial, peserta didik lebih sadar arti menolong sesama.


Keywords


Pendidikan, Peningkatan, Prestasi, SMPIT Cahaya Islam.

References


Asvin, M., & Rohman, A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Teori, Metodologi dan Implementasi. Qalamuna, Vol. 11, No. 2, Juli - Desember, 125-146.

az-Za?balawi, M. (2007). Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani.

Al-Hufaz. (2018). Al-Qur’an Hafalan Metode 5 (Lima) Waktu dalam Satu Hari. Bandung: Cordobaa.

Ansari, M. (2016). Penelitian Rutinitas Keagamaan di Islamic Fullday School dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Muallimuna: Vol 1 No.2, 33.

Ansari, M. (2016). Penelitian Rutinitas Keagamaan di Islamic Fullday School dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Muallimuna: Vol 1 No.2,, 34-44.

Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Arifa. (2021). Penerapan Metode PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Menemukan Makna Tersirat Suatu Teks di Kelas VI SDN Sukorejo 3 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan. Vol.3, No.2, 335-366.

Arifin, Z. (2012). Pendidikan Multikultural-Religius Untuk Mewujudkan Karakter Peserta Didik Yang Humanis-Religius. Jurnal Pendidikan Islam: Volume I, Nomor 1, 102.

Armin, R. (2015). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 5 No.1, 104.

Azizah, N. (2006). Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi, Vol. 33 No.2, 34-47.

Barroh, H. (2018). Manajemen Pendidikan Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di MAN Yogyakarta. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 80.

Drajat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Ermayani, T. (2015). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.5, No.2, 131.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir. Vol. 11, No. 01, 87.

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Hakim, R. (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol.6. No. 2, 133.

Handayani, L. (2023). Lilik Handayani. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Penyusunan rencana untuk mencapai prestasi gemilang melalui Teknik Punish dan Reinforcement pada Siswa SMP Negeri 1 Ngantru Kelas VII-F Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. JPIP: Jurnal Pembelaharan dan Ilmu Pendidikan, Vol.3 No.2, 113-121.

Hasan, D. (2013). Internalisasi Karakter Religius dalam Meningkatkan Kualitas Religious Culture Melalui Badan Dakwah Islam di SMAN 1 Kepanjen. Malang: :Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim,.

Herynugroho. (2017). Program Bersih dan Hijau untuk Meningkatkan Budaya Bersih di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, Vol.2 No.2 Juli, 63-74.

Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0. Aulada: Jurnal Pendidikandan Perkembangan Anak. Vol.3 No.2, 46-70.

Husnani. (2016). Manajemen Kepala Sekolah dalam Membina Karakter Religius Peserta Disik di SMP Negeri 5 Batusangkar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Al-Fikra:Vol IV No.1, 52.

Ihsani, N. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal-ilmiah Potensia, Vol 3 No 1, 50-51.

Ismail, M. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol.4 No.1 Mei, 59-69.

Jaga, R., & Arifin, A. (2019). Peningkatan Perilaku Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-kanak IslamTerpasu Insan Kamil Kelompok B1 usia 5-6 Tahun. JAPRA: Jurnal Pendidika nRaudhatul Athfal. Vol. 2 No. 1, 93-104.

Jamaluddin. (1995). Psikologi Islam, Solusi dan Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, N., & Suryadilaga, M. (2020). Mengajarkan Shalat pada Anak Usia Dini Dalam Masa Social Distancing Covid-19 Perspektif Hadis Vol.4 No.2. Al-Quds: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis., 427-447.

Kamni. (2014). Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli , 120.

Karneli, Firman, & Netrawati. (2018). Upaya Guru Bk/Konselor Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Dengan Menggunakan Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 18, No.2., 113-119.

Kartowagiran, B. (2019). Karakter Religius Pada Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter. Vol.9, No.2, Oktober, 303.

Katu, M. A., Ahmad, A. A., & Subiantoro, B. (2019). Pembelajaran KerajinanTangan Dari Bahan Clay Tepung Bagi Siswa Kelas VIII SMPN3 Anggeraja Kabupaten Enkerang. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain. Vol,6. No.2., 71-83.

Khasanah , S., & Arifin, Z. (2017). Kepemimpinan Siswi dalam Penerapan Nilai- Nilai Religiusitas di Madrasah Mu?alimmat Muhammadiyah Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Mei, 10.

Lickona, T. (2013). Education For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, T. (2015). Pendidikan karakter: panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik (Bandung: Nusa media). Hlm.85. Bandung: Nusa Media.

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Vol. 9, No. 2 Juli - Desember, 57-98.

Marzuki. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter,Vol.8.No.1, 93.

Masturin. (2015). Pendidikan Karakter Pada Materi PAI Dalam Pembentukan Manusia Berkualitas?. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol.7 No. 1 Juni , 52.

Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaemin. (2019). Pengaruh Pendidikan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Religius Pada Anggota Pramuka. Al-Iltizam , Vol.4, No.1, 115.

Musyirifin. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah dalam Konseling Behavioral. Al - Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 11, No.2, 2020, 151-159.

Mutholingah, S. (2013). Internalisasi Karakter Religius pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Malang: Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim.

Nashori, F. (1994). Psikologi Islam: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.

Nasrullah. (2021). Implementasi Pendidikan Rabbani dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spiritual. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. Vol.4, No.2, 173.

Nata, A. (2010). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Nudin, B. (2020). Manajemen Gerakan Sekolah Menyenangkan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di SD Negeri Buayan Kebumen. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol.5, No.1, 95-118.

Nurhada, H. (2022). Masalah-maslaah Pendidikan Nasional: Faktor-faktor dan Solusi yang ditawarkan. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar. Vol.5 No. 2, 127-137.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No.1, 1-14.

Pasaribu, V. L. (2019). Memotivasi Siswa Dan Siswi Smk Letris Indonesia Di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana. Vol.1, No.2, 161-172.

Pasaribu, V. L., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2019). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Vol. 1,No.1, Agustus 2019, Hlm.84-91., 81-91.

Permana , D., & Ahyani, H. (2020). ImplementasiPendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Jurnal Tawadhu, Vol.4 No. 1, 995-1006.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohman, A., Suryawan, A., & Priyanto, I. J. (2019). Penerapan Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Kerajinan Tangan Peserta Didik. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.17 No.2 Desember, 119-128.

Samani, M., & Hariyanto, . (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shoimah , L., Sulthoni , & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol.1 No.2,, 169-175.

Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Tadris: Vol. 8 No.1, 104-105.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukamto, & Pardjono. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol.9, No.2,, 165-178.

Supargo. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Renang Pada Siswa Kelas X TKJ 1 Semester 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Vol.1 No.1, 66-73.

Suradi. (2017). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 2, no. 4, 524.

Susilawati. (2012). Karakter Religius Pembelajaran IPA,. Jurnal IIP: Vol. XVII No.1, 101.

Suwarni. (2021). Suwarni. Peningkatan Minat Belajar Tema 3 Subtema 2 mellaui Media Audio Visual pada Siswa Kelas 1 SDn Mlancu 1 Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, Vol.1, No.2, 579-595.

Syarif, M. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa (Studi Analisis Perilaku Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang). Palembang: IAIN Raden Fatah.

Takrip, M. (2018). Pendidikan Islam Inklusif dan Pembentukan Karakter Melalui Program Petuah (Pesantren Sabtu Ahad) di MAN 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Tobing, R. L. (2013). Pengembangan Karakter Ketakwaan, Kemandirian, Dan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, No.3, Vol.3., 323-324.

Uliana, P., & Setyowati, R. N. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol.1, No.1,, 171.

Usman, A., & Akbar, P. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Penerapan Context Rich Problems Yang Terintegrasi Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran : Vol. 2. No.2, 129.

Yusnita, L., Sasongko, R., & Somant, M. (2017). Strategi Peningkatan Pendidikan Karakter Berbasis Persepsi Guru di SMP. Manajer Pendidikan, Vol.11 No. 4 Juli, 374-384.

Zainuddin, M., Saifudin, A., & Lestariningsih. (2022). Pengembangan Big Book dengan Model TPACK dalam meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol.7, No.2, 770-777.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 CommuEduSyah: Jurnal Komunikasi, Pendidikan & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116