STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM KINERJA KARYAWAN DI PT SRIJASA BRIKA PERKASA PALEMBANG

Alfan Muttaqin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemimpin kinerja karyawan dan memfokuskan penelitiannya pada proses strategi komunikasi meliputi teknik-teknik strategi Komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi wawancara ditujukan kepada 5 orang informan yaitu satu direktur PT. Brikasa, dua Manajer  umum, ketiga manajer keuangan dan adm, keempat manajer pemasaran dan kelima karyawan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi kepemimpinan dalam kinerja karyawan telah dilaksanakan dengan baik yaitu redundancy, canalizing, informatif, persuasif, edukatif, koersif.


Keywords


Strategi Komunikasi Kepemimpinan, manajemen kinerja karyawan

References


Arifin, A. (2016). Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Boediman, E. P. (2020). Integrasi Komunikasi Kepemimpinan dengan Strategi Berbasis Sumber Daya di PT. Asra Honda Motor. Comunicare: Journal of Communication Studies, Vol. 7 No.2, 45-67.

Cangara, H. (2014). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan, A. (2017). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muftiama, A. (2020). Strategi Komunikasi Kepemimpinan & Manajemen Konflik dengan Konsep LOCVASE (Listening, Clarifying, Confirming, Verifying, Action-Solving, Evaluating). Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Vol.2 No.2 Desember , 1-17.

Ramadoni, M. A. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan dalam Mempromosikan Obyek Wisata Bukit Seguntang. SADIDA: Islamic Communications & Media Studies Vol.2 No.1, 81-100.

Rusnawati. (2020). Komunikasi Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Gayo Lues . Al-ijtimaiyyah, Vol. 6 No.2, 50-65.

Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Yulianita, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Manajer Public Relations terhadap kualitas Manajemen Public Relations dan Korelasinya dengan Efektivitas sistem Komunikasi Perusahaan . MEDIATOR: Jurnal Komunikasi, Vol.3 No.2, 67-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 CommuEduSyah: Jurnal Komunikasi, Pendidikan & Syari'ah

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116