Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Public Speaking Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam tahun angkatan 2021/2022 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang
Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesama manusia. Maka dalam hal ini, interaksi mereka terjadi dengan adanya komunikasi diantara mereka. Komunikasi yang terjadi inilah yang akan memberikan informasi dan pemahaman diantara sesama manusia. Dengan adanya komunikasi antar manusia, akan meningkatkan daya kepercayaan dirinya dan memberikan ruang kepada mereka untuk berbicara. Komunikasi yang baik, didapatkan dari seorang pembicara yang selalu melatih komunikasinya dengan para pendengar. Salah satunya seorang mahasiswa. Mahasiswa adalah seorang siswa yang sedang melanjutkan atau menempuh pendidikan tinggi disebuah universitas. Setelah menjadi mahasiswa, seseorang tersebut harus mampu dalam beretorika atau berkomunikasi dengan baik dihadapan umum, terkhusunya dalam ruang lingkup pembelajaran dikelas. Selain dituntut untuk kritis dan aktif, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki public speaking yang baik, terutama dalam hal presentasi materi di kelas. Namun fenomena saat ini, masih banyak mahasiswa yang kurang dalam public speakingnya, bukan mereka tidak mampu, namun kurangnya latihan berbicara di depan umum. Dalam hal presentasi, harusnya mahasiswa memanfaatkan momentum tersebut untuk melatih public speaking. Yang terjadi sekarang ini, mahasiswa kebanyakan hanya menjadikan kuliah sebagai formalitas saja, ketika mencari materi presentasi, mereka dengan sangat mudah memanfaatkan teknologi. Selain itu, ketika presentasi juga mereka tidak bisa lepas dari naskah atau teks pemateri. Sebagaimana harusnya, ketika mahasiswa mampu dan percaya mereka bisa berimprovisasi tanpa terpaku dengan teks, maka mereka akan mempersipakan lebih awal materi-materi yang akan dibahas, sehingga waktu presentasi mereka bisa close book, dan tanpa mengandalkan tekonologi seperti hp untuk mencari informasi secara instan. Dalam pengamat, tidak semua mahasiswa menggunakan improvisasinya sendiri. Terkadang masih terdapat mahasiswa yang terlalu mengandalkan google, tanpa mempersiapkan materi sebelum pemaparan, sehingga ketika pemapaan dan diskusi terlihat sangat monoton. Padahal, jika pemateri telah mempersiapan materinya sebelum presentasi, dapat dipastikan ketika presentasi mereka bisa improvisasi lebih banyak, point-point yang disampaikan tidak monoton dan mudah dipahami. Dalam pembahasan ini, lebih difokuskan pada public speaking mahasiswa pada saat melakukan presentasi di kelas. Presentasi itu merupakan komunikasi yang terjadi antar Mahasiswa dan Dosen, dengan menyampaikan gagasan, ide atau materi yang akan disampaikan dan dibahas dalam pembelajaran di kelas.
Keywords
References
Dkk Antoni, Retorika Dan PHIWM, ed. Nur Aryati, Ani dan Azizah (Palembang: CV. Insan Cendekia Palembang, 2023).
Mulyatiningsih, Endang. 2023. Metode Penelitian Dasar untuk Penulisan Tugas Akhir Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Relasi Inti Media.
edi Suryadi, STRATEGI KOMUNIKASI Sebuah Analisis Teori Dan Praktik Di Era Global, ed. Nur M Nita (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2018).
Wandayani Goeyardi, “Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Kuliah Berbicara Lanjutan 2 Mahasiswa Sastra Cina, Fib Ub,” Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 2, no. 3 (2022): 191–200.
Wiendi Wiranty and Dewi Leni, “PEMBELAJARAN MELALUI METODE PRESENTASI KELAS TAHUN AKADEMIK 2016 / 2017 SEMESTER GENAP Kegiatan Pembelajaran Di Kelas” 2017.
Tarsinih and Juidah, “Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Wiralodra Di Masa Pandemi Covid-19.”
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 AL-MUNAWWIR: Jurnal Komunikasi, Pendidikan, & Syari'ah
Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jln. Masa Jaya No.119b, Kel.16 Ulu, Kec.Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116