HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG PADA PENDEKATAN PROBLEM POSING

Kurotul Afnah, Sujinal Arifin, Syutaridho Syutaridho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true-experimental design dengan posttest-only control group. Penelitian dilakukan di SMP Nahdlatul Ulama Palembang dengan populasi seluruh kelas VII. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga didapat kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa untuk kelas eksperimen, sedangkan tes hasil belajar untuk kelas kontrol. Analisis data yang diperoleh dari data tes hasil belajar untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t sedangkan analisis terhadap respon siswa dilakukan melalui analisis kriteria skor rata-rata. Dari hasil analisis data tes hasil belajar dan angket respon siswa terhadap pendekatan problem posing dinyatakan bahwa bahwa terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdatul Ulama Palembang, dan respon siswa sangat positif.


Full Text:

PDF

References


Djamarah & Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, A. (2016). Desain Soal Matematika Tipe PISA Pada Konten Uncertainty And Data untuk Mengetahui Kemampuan Argumen Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional dan Lokakarya Pisa, 2.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Herawati, O.D.P., Siroj, R,, & Basir, M.D. (2010). Pengaruh Pembelajran Problem posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mudyahardjo, Redja. (2008). Pengantar Pendidikan Sebuah Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shaleh, Haji. 2011. Pendekatan Problem posing Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, Vol.14, No. 1.

Sholihah., Alin, Dyahsih., & Mahmudi, Ali. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Siagian, Daut. M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MES.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA,cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :