DESAIN E – MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI KERUCUT UNTUK PESERTA DIDIK SMP

Larasati Oktiana, Yunika Lestaria Ningsih, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis pendekatan contextual teaching and learning pada materi kerucut untuk peserta didik kelas IX. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan bahan ajar e-modul dan pendekatan pembelajaran akan lebih menarik minat belajar karena lebih bersifat interaktif. Permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran materi kerucut yaitu belum tersedianya bahan ajar yang mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran dengan mengaitkannya pada kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu perlu didesain bahan ajar berupa e-modul pada materi kerucut dalam kerangka analisis Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berdasarkan aktivitas langkah-langkah pendekatan contextual teaching and learning yang terdiri dari 7 komponen yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Aktivitas pada e-modul ini dimuat dalam kegiatan pembelajaran serta video pembelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, tujuannya untuk menuntun peserta didik dalam membangun pemahaman dan menemukan konsep materi kerucut secara lebih aktif dan mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain (design research) yang terdiri dari 6 (enam) tahapan yaitu Identifikasi Masalah, Menentukan Tujuan dan Solusi, Mendesain dan Mengembangkan, Mendemonstrasikan Produk, Melakukan Evaluasi Produk, dan Mengomunikasikan Hasil Kepada Publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis contextual teaching and learning dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(4), 1-13.

Chaerunisa, Ardhanty. (2017). Pengembangan E-Module Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 16-21.

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562-576.

Hanggara, Y. & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMPN 11 Bintan . JIPMat, 5(2), 240-247.

Istikomah, Purwoko, R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63-71.

Khaer, Abu. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Kontekstual Materi Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 4(3), 1-6.

Kuncahyono & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning sebagai Pendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 292-304.

Latipah, E. D. P. & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1), 1-12.

Miles, M.B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Rohidi, T.R., Penerjemah). UI-Press.

Nurhadiyanti, K., Sugiarti, T., & Trapsilasiwi, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Tabung dan Kerucut untuk SMP Kelas IX. KadikmA, 6(1), 65-74.

Rinsiyah, Iis. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 152-162.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51-58.

Rusdi, Muhammad. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. RajaGrafindo Persada.

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 62-72.

Sari, Dira Puspita. (2016). Penerapan Pendekatan Problem Posing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Medan pada Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung dan Kerucut. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 33-40.

Suastika, I. K. & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 58-61.

Supriyanto, Bambang. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.

Wahyuningtyas, D. T. & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(1), 8-13.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 1-7.

Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287-293.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :