PERANAN PEMBELAJARAN DENGAN METAFORA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alhaddad, Idrus. (2012). Sejauh Mana Guru Menggunakan Metafora dalam Kepeduliannya untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Infinity, 1(2), 159-168.
Eliza, R. & Hayatullah, J. W. (2017). Penggunaan Metafora Disertai Aplikasi Prezi Desktop Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 1(1), 51-61.
Fitriani. (2020). Penerapan Pembelajaran Metaphorical Thingking pada Siswa SMP. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-15.
Harefa, D. & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329-338.
Hartati, Sri. (2009). Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Surakarta. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Nurhikmayati, Iik. (2017). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 42-50.
Rambe, Siti Aisah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Metafora pada Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Roesdiana, Lessa. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thingking untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2), 169-184.
Setiawan, K. A., Mertasari, N. M. S., & Sukajaya, I. N. (2018). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thingking Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7( 2), 150-159.
Setiawan, Windi. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thingking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. KREANO : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216.
Sriwahyuni, K. & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.
Sugiarni, R. & Ramdhani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Metafora Menggunakan Strategi REACT Berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Jurnal Analisa, 4(1), 10-15.
Sundary, Pitri. (2020). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thingking Berbantuan Google Classroom Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK Swadhipa 2 Natar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sunito, Indira, dkk. (2013). Metaphorming : Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. PT Indeks.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.
Wahono, Romi Satria. (2016). Systematic Literature Review : Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus. https://romisatriawahono.net/2016/05/15/systematic-literature-review-pengantar-tahapan-dan-studi-kasus/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :