PERANAN PEMBELAJARAN DENGAN METAFORA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Usmadi Usmadi, Nova Fitria Ningsih, Ergusni Ergusni

Abstract


Pembelajaran dengan metafora merupakan pembelajaran yang mengubah konsep matematika yang bersifat abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi yang sudah diketahui sebelumnya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pembelajaran dengan metafora dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sedangkan metode  penelitian ini adalah teknik dokumentasi yaitu menghimpun informasi dari buku, jurnal, skripsi, tesis, dan website internet yang relevan dengan topik penelitian dengan cara membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber tersebut. Sumber data yang digunakan berupa sumber data utama dan pendukung yang berasal dari penelitian sebelumnya. Hasil temuan penelitian yaitu pembelajaran dengan metafora: (1) dapat mengubah konsep matematika yang abstrak menjadi konkrit melalui kegiatan menghubungkan konsep dengan materi sebelumnya dan kehidupan nyata, (2) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (3) dapat memberikan semangat kepada siswa untuk belajar dan membuat siswa tertarik terhadap matematika, (4) secara tidak langsung siswa mengalami proses berpikir metafora melalui tahapan CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience). Berdasarkan peranan pembelajaran dengan metafora  akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Alhaddad, Idrus. (2012). Sejauh Mana Guru Menggunakan Metafora dalam Kepeduliannya untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Infinity, 1(2), 159-168.

Eliza, R. & Hayatullah, J. W. (2017). Penggunaan Metafora Disertai Aplikasi Prezi Desktop Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Math Educa Journal, 1(1), 51-61.

Fitriani. (2020). Penerapan Pembelajaran Metaphorical Thingking pada Siswa SMP. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-15.

Harefa, D. & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSARA : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 329-338.

Hartati, Sri. (2009). Penggunaan Metafora dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Surakarta. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Nurhikmayati, Iik. (2017). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 42-50.

Rambe, Siti Aisah. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Metafora pada Pokok Bahasan Fungsi Kuadrat di Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P 2017/2018. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Roesdiana, Lessa. (2016). Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thingking untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(2), 169-184.

Setiawan, K. A., Mertasari, N. M. S., & Sukajaya, I. N. (2018). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thingking Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7( 2), 150-159.

Setiawan, Windi. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thingking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. KREANO : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216.

Sriwahyuni, K. & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.

Sugiarni, R. & Ramdhani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Metafora Menggunakan Strategi REACT Berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Jurnal Analisa, 4(1), 10-15.

Sundary, Pitri. (2020). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thingking Berbantuan Google Classroom Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK Swadhipa 2 Natar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sunito, Indira, dkk. (2013). Metaphorming : Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. PT Indeks.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Wahono, Romi Satria. (2016). Systematic Literature Review : Pengantar, Tahapan dan Studi Kasus. https://romisatriawahono.net/2016/05/15/systematic-literature-review-pengantar-tahapan-dan-studi-kasus/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :