ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 3

Hengkang Bara Saputro, Ahdiatun Nurrahmi

Abstract


Abstract

 

Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib bagi siswa, oleh sebab itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dalam mengoptimalkan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis strategi pembelajaran pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Muhammadiyah Sangonan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SD Muhammadiyah Sangonan 3 menerapkan strategi student centre. Strategi pembelajaran student centre adalah strategi yang mengharuskan siswa menjadi pelajar yang aktif. Di dalam penerapannya, agar berjalan optimal diperlukan beberapa hal diantaranya adalah guru menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, guru melakukan pendekatan dengan mengajarkan siswa satu-persatu, serta guru menggunakan metode, media, dan materi pembelajaran sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada pembelajaran matematika terdapat delapan jenis aktivitas belajar diantaranya adalah visual activities, oral activities, listenin activities, drawing activities, writing activities, motor activities, mental activities, dan, emosional activities.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. & Khoiriyah, E. S. (2020). Strategi dan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 1-4.

Diana, I. N. & Susilo, H. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelompok Bermain Mambaul Ulum. J+PLUS UNESA Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 87-93.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad-21. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910.

Kiya, A. & Alucyana. (2021). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelas B PAUD IT Bunayya. Generasi Emas : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 14-22.

Kuntoro, Alfian Tri. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 7(1), 84-97.

Madaniyah, Misro. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Proses Belajar Mengajar. https://matabanua.co.id/2022/02/01/peran-guru-sebagai-fasilitator- dalam-proses-belajar-mengajar/

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2),312-325.

Maswar. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (MMS) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-teki dan Cerita Matematis. Alifmatika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28-43.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Umaya, Budiman, M. A., & Wardana, Y. S. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring. Prosiding SENDIKA, 2(1).

Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. PT Bumi Aksara.

Utami, Y. P. & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Imiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Wardana, M. Y. S. & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :