PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KADARA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA

Tsania Nur Hayati, Nor Ilma, Shofiya Nur Haliza, Diah Putri Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kadara terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita. Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang mencakup angka, bilangan, memanipulasi jumlah seperti pengurangan dan penjumlahan. Metode pembelajaran berhitung menggunakan media permainan Kadara (kartu, dakon, menara) menyenangkan serta mudah, juga menjadi metode untuk menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Kadara merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh semua orang, baik anak laki-laki, perempuan, atau orang dewasa. Permainan Kadara yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita, karena pada permainan Kadara anak dilatih berhitung dalam menyelesaikan masalah terhadap penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian  Quasi-Eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan Single Subject Research (SSR), dimana subjek  terdiri atas satu orang yang diberikan perlakuan. Data dianalisis dengan cara deskriptif dengan mengulas kejadian yang ditampakkan oleh Subjek. Hasil dari penelitian ini disimpulkan penggunaan media permainan Kadara dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita.


Full Text:

PDF

References


Dewi, R. P. (2018). Penggunaan Punishment dan Reward Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II Di SLB Widya Mulia Pundong. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(2), 119-128.

Elfira, D. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Mobil-Mobilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(1), 139-148. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Meredith, T. R. (2016). Game-Based Learning in Professional Development for Practicing Educators: A Review of the Literature. TechTrends: Linking Research and Practice to Improve Learning, 60(5), 496-502.

Mulyani, D., Cahyati, N., & Rahma, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 161-172.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Pramana, A. R., Zuzano, F., & Amelia, P. (2013). Peneraparan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Peranap. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-8.

Prasetya, A. A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Operasi Perkalian dengan Media Dakon pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas V A Di SLB N 1 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(1), 12-22.

Purnomo, D. D., Shodiq, M., & Samawi, A. (2019). Pengaruh Media Dot Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ortopedagogia, 5(1), 1-5.

Rojabtiyah, U. R. (2019). Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Metode Index Card Match dan Metode Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan pada Disabilitas Intelektual Ringan. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 15(2), 68-73.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37-46.

Sekretariat Jenderal, Pusat Data dan Teknologi Informasi (2020). Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2020/2021. Documentation. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Siregar, N. & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Sulaiman, A. (2013). Penerapan Media Permainan Dakon dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 SD Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Supiyatun. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Congklak pada Kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida 1 Tlogoanyar Lamongan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Widyananda, H. C. (2017). Efektivitas Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Fungsi Anggota Tubuh Pada Anak Autis Kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(8), 759-766


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by : 

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasa?n Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme