PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KADARA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA

Tsania Nur Hayati, Nor Ilma, Shofiya Nur Haliza, Diah Putri Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kadara terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita. Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang mencakup angka, bilangan, memanipulasi jumlah seperti pengurangan dan penjumlahan. Metode pembelajaran berhitung menggunakan media permainan Kadara (kartu, dakon, menara) menyenangkan serta mudah, juga menjadi metode untuk menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Kadara merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh semua orang, baik anak laki-laki, perempuan, atau orang dewasa. Permainan Kadara yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita, karena pada permainan Kadara anak dilatih berhitung dalam menyelesaikan masalah terhadap penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian  Quasi-Eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan Single Subject Research (SSR), dimana subjek  terdiri atas satu orang yang diberikan perlakuan. Data dianalisis dengan cara deskriptif dengan mengulas kejadian yang ditampakkan oleh Subjek. Hasil dari penelitian ini disimpulkan penggunaan media permainan Kadara dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita.


Full Text:

PDF

References


Dewi, R. P. (2018). Penggunaan Punishment dan Reward Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II Di SLB Widya Mulia Pundong. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(2), 119-128.

Elfira, D. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Melalui Media Mobil-Mobilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(1), 139-148. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Meredith, T. R. (2016). Game-Based Learning in Professional Development for Practicing Educators: A Review of the Literature. TechTrends: Linking Research and Practice to Improve Learning, 60(5), 496-502.

Mulyani, D., Cahyati, N., & Rahma, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Dakon untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 161-172.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Pramana, A. R., Zuzano, F., & Amelia, P. (2013). Peneraparan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bertukar Pasangan pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Peranap. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-8.

Prasetya, A. A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Operasi Perkalian dengan Media Dakon pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas V A Di SLB N 1 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(1), 12-22.

Purnomo, D. D., Shodiq, M., & Samawi, A. (2019). Pengaruh Media Dot Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Ortopedagogia, 5(1), 1-5.

Rojabtiyah, U. R. (2019). Efektivitas Promosi Kesehatan Menggunakan Metode Index Card Match dan Metode Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Cuci Tangan pada Disabilitas Intelektual Ringan. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 15(2), 68-73.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37-46.

Sekretariat Jenderal, Pusat Data dan Teknologi Informasi (2020). Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2020/2021. Documentation. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Siregar, N. & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Sulaiman, A. (2013). Penerapan Media Permainan Dakon dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas 1 SD Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Supiyatun. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Congklak pada Kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida 1 Tlogoanyar Lamongan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Widyananda, H. C. (2017). Efektivitas Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Fungsi Anggota Tubuh Pada Anak Autis Kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(8), 759-766


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by :