HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda dalam menuntaskan sebuah tugas yang berkorelasi dengan akademik sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyerahkan tugas bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikannya. Seseorang yang mempunyai kebiasaan melakukan prokrastinasi akademik biasanya tidak bisa mengolah waktu dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan usaha untuk menghindari terjadinya prokrasinasi akademik dengan cara memperbaiki pengelolaan waktu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeteksi hubungan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA Al-Islam Krian. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPS 3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dengan menggunakan pengujian korelasi Product Moment Person dengan uji prasyarat memakai uji normalitas dan uji linieritas. Dari hasil analisis data, hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa” diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Namun sebaliknya jika prokrastinasi akademik rendah maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa.
Full Text:
PDFReferences
Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233-242.
Amin, G. (2019). Academic Procrastination of College Students. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i2.7346.
Asmara, Y. & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(1). https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Ginting, C. A. A., Devieta, A., Br Trg, S., & Sanimah, S. (2022). Permasalahan Pembelajaran Daring pada Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Serunai Matematika, 14(2). https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.596.
Chisan, F. K. & Jannah, M. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Sekolah Menegah Atas. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).
Depi, S., Suendarti, M., & Liberna, H. (2022). Disposisi Matematika dan Kecerdasan Logika Matematika: Apakah Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6981.
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematikka, 9(1).
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Febritama, S. & Sanjaya, E. L. (2018). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Perilaku Prokastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, 5(2). https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5178.
Fitriana, D. A. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Matematika Dengan Problem Solving Berbasis Penskoran Politomus. Jurnal IKLILA: Studi Islam Dan Sosial, 5(1).
Fitriatien, S. R. (2020). Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10053
Ghorbaninejad, S., Sajedi, F., Tajrishi, M. P., & Hosseinzadeh, S. (2020). The Relations Between Behavioral Problems and Demographic Variables in Students With Visual Impairment. Iranian Rehabilitation Journal, 18(3). https://doi.org/10.32598/IRJ.18.3.260.1
Hartosujono, H. (2017). Perilaku Prokastinasi Mahasiswa Ditinjau dari Locus Of Control. JURNAL SPIRITS, 3(1). https://doi.org/10.30738/spirits.v3i1.1123
Hermawan, Z. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individual Teknik Behavior Self-Managemen Untuk Mengatasi Prokastinasi Akademik Siswa. Bimbingan Konseling Islami, 1.
Leksono, I. P. & Fitriatien, S. R. (2021). Development of Mathematic Learning Set Based On Pedagogical Content Knowledge to Improve Mathematics Problem Solving Ability. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1529.
Megiantara, A., Justitia, D. , & Djunaedi. (2014). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP 137 Jakarta. 7-12. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1769/1420
Miskanik, Krisnanda, V. D., & Albab, S. (2019). Efektivitas Teknik Manajemen Stres dalam Konseling Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Simposium Nasional Ilmiah dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, November.
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring di Era Pandemik Covid-19 Menurut Perspektif Siswa SMA Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501.
Nugroho, W. D. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4809.
Pasehah, A. M., Firmansyah, D., & Adirakasiwi, A. G. (2020). Persepsi Siswa SMA Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Secara Online. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.2903.
Peraturan Pemerintah RI No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Prasasti, D., Awalina, F. M., & Hasana, U. U. (2020). Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. MANAZHIM, 2(1). https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.659.
Pratitis, N. T., Suroso, S., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953.
Puspitasari, E. R., & Sholihah, K. U. (2022). The Relationship between Peer Social Support and Academic Burnout for Students at the Annuriyah Islamic Boarding School , Demak. Picis, 1(1).
Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1).
Nurfa, R. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Takalar. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1).
Rosmaini, R. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4767.
Russo, R. (2021). The Pearson Product-Moment Correlation Coefficient r. In Statistics for the Behavioural Sciences. https://doi.org/10.4324/9780203641576-23.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, dan Perspektif Permasalahan dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01). https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269.
Sagone, E. & Indiana, M. L. (2023). The Roles of Academic Self-Efficacy and Intolerance of Uncertainty on Decisional Procrastination in University Students during the COVID-19 Pandemic. Education Sciences, 13(5). https://doi.org/10.3390/educsci13050476.
Sahaya, D. E. A., & Yuniantaq, T. N. H. (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.241.
Sarmiati, S., Kadir, K., Bey, A., & Rahim, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kusambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5646.
Siswono, T. Y. E. (2014). Permasalahan Pembelajaran Matematika dan Upaya Mengatasinya. FMIPA UNESA.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1). https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10.
Susilawati, Rifani, E., Ummah, F. S., & Musrifah, U. (2022). Hubungan Resilensi Akademik Mahasiswa dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa di Era New Normal. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(2). https://doi.org/10.36728/cijgc.v3i2.2261.
Walker, D. A. (2017). JMASM 48: The Pearson Product-Moment Correlation Coefficient and Adjustment Indices: The Fisher Approximate Unbiased Estimator and The Olkin-Pratt Adjustment (SPSS). Journal of Modern Applied Statistical Methods, 16(2). https://doi.org/10.22237/jmasm/1509496140.
Widodo, G. S. & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7.
Wu, W., Zhang, Y., & Wang, Y. (2023). Associations between Profiles of Helicopter Parenting and Decisional Procrastination among Chinese Adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 52(6). https://doi.org/10.1007/s10964-023-01764-z.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by :