Analisis dan Penerapan E-Learning Berbasis Android dengan Menggunakan Pendekatan Metode Prototype di IKesT Muhammadiyah Palembang

Ahmad Firdaus, Paray Theo Lonando

Abstract


Perkembangan e-learning berbasis mobile mendorong kebutuhan platform pembelajaran yang mudah diakses dan sesuai konteks institusi. Penelitian ini mengembangkan aplikasi e?learning berbasis Android yang terintegrasi dengan Moodle untuk memenuhi kebutuhan khusus IKesT Muhammadiyah Palembang. Kebaruan penelitian terletak pada: (1) penyesuaian konten dan antarmuka untuk program kesehatan (keperawatan), (2) fitur akses offline dan notifikasi real?time, serta (3) evaluasi performa dan kepuasan pengguna sebagai metrik keberhasilan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Prototype dengan siklus iteratif yang melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai pengguna utama. Implementasi memanfaatkan REST API Moodle sebagai backend dan aplikasi Android (Kotlin/Java) sebagai client; integrasi mencakup sinkronisasi materi, pengumpulan tugas, notifikasi, dan caching untuk akses offline. Pengujian meliputi uji fungsional, uji kinerja (waktu muat/response) dan uji kegunaan (kuesioner kepuasan/usability). Hasil uji coba awal (sampel pengguna tercatat dalam Bab Metode) menunjukkan peningkatan aksesibilitas dan kepuasan pengguna terhadap proses pembelajaran mobile; rincian metrik terukur seperti waktu respon rata?rata, persentase fitur yang berfungsi, dan skor kepuasan pengguna disajikan pada Bab Hasil dan Pembahasan. Temuan utama menunjukkan bahwa adaptasi antarmuka dan fitur offline secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar mobile di lingkungan IKesT.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v8i2.10330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.