PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SUMSEL
Abstract
Fakta-fakta pengguna internet dan media sosial di Indonesia menunjukkan bahwa pembelajaran harus dapat memprediksi perkembangan Internet dan siswa yang menggunakan Internet dan media sosial. Bharucha (2018) mengungkapkan bahwa beberapa universitas dan perguruan tinggi di India memasukkan media sosial ke dalam pedagogi mereka, tetapi tantangannya adalah bagaimana mengintegrasikannya secara efektif dengan kurikulum. Penelitian ini mengadopsi konsep dari “Ahmad Nurkhin (2018)” dan “Elsa Puji Juwita” untuk mengidentfikasi peranan social media pada media pembelajaran pada Perguruan Tinggi di Sumsel adapun faktor – faktor menurut “Ahmad Nurkhin (2018)” dan “Elsa Puji Juwita” sebagai berikut, Tugas memiliki persentase sebanyak 8%. Sosmed banyak digunakan untuk tugas. Materi belajar memiliki persentase sebanyak 10%, materi belajar juga banyak dicari mahasiswa pada sosmed seperti facebook dan Instagram. Hiburan memiliki persentase sebanyak 22%, karena biasanya mahasiswa mencari sebuah hiburan . Diskusi memiliki persentase sebanyak 13%, diskusi banyak digunakan pada sosmed karena biasanya mahasiswa menggunakan facebook dan Instagram sebagai tempat berdiskusi. Quis memiliki persentase terendah sebanyak 4%, sosmed biasanya jarang digunakan untuk melakukan quis Tutorial memiliki persentase sebanyak 10% sama dengan materi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ada, M. B., Stansfield, M., & Baxter, G. (2017). Using mobile learning and social media to enhance learner feedback. Journal of Applied Research in Higher Education, 9(1), 70–90. http://doi.org/10.1108/JARHE-07-2015-0060.
Anissa, R. N., Utami, S., Setiyani, R., Tusyanah, Sholikah, M., & Nurkhin, A. (2017). What?s up with whatsapp? The contribution of blended learning through wa group discussion for better english writing in Indonesia. Advanced Science Letters, 23(8), 7539–7544. http://doi.org/10.1166/asl.2017.9517.
Bharucha, J. (2018). Exploring education-related use of social media: business students perspectives in a changing India. Education + Training, 60(2), 198–212. http://doi.org/10.1108/ET-07-2017- 0105
Bodle, R. (2015). Social Learning with Social Media: Expanding and Extending the Communication Studies Classroom. In Teaching Arts and Science with the New Social Media Cutting-edge Technologies in Higher Education (Vol. 3, pp. 107–126). Emerald. http://doi.org/10.1108/S2044-9968(2011)0000003009
Dwiharja, L. M. (2015). Memanfaatkan Edmodo Sebagai media Pembelajaran Akutansi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY“ Profesionalisme Pendidik dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan di Indonesia pada Era MEA” (pp. 332–344). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.
Erika, K., Yanto, T., & Kasidi. (2018). Perbedaan hasil belajar pelajaran akuntansi dengan menggunakan media sosial dan tidak menggunakan media sosial. JurnalEcodunamika, 1(1), 1–9. Retrieved from http://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/1516
Ford, N., Bowden, M., & Beard, J. (2011). Learning together: using social media to foster collaboration in higher education. In Higher Education Administration with Social Media: Including Applications in Student Affairs, Enrollment Management, Alumni Relations, and Career Centers Cutting-edge Technologies in Higher Education (Vol. 2, pp. 105–126). Emerald. http://doi.org/10.1108/S2044-9968(2011)0000002009
Garcia, L. S., & Silva, C. M. C. (2017). Differences between perceived usefulness of social media and institutional channels by undergraduate students. Interactive Technology and Smart Education, 14(3), 196–215. http://doi.org/10.1108/ITSE-01-2017-0009.
Kardoyo, Nurkhin, A., Setiyani, R., & Widhiastuti, R. (2017). The Use of Information and Communication Technology in Economics Teaching and Learning. International Journal of the Computer, the Internet and Management, 25(1), 29–32. Retrieved from http://www.ijcim.th.org/past_editions/2017V25N1/25n1Page29.pdf
Lim, J. S. Y., Agostinho, S., Harper, B., & Chicharo, J. (2014). The engagement of social media technologies by undergraduate informatics students for academic purpose in Malaysia. Journal of Information, Communication and Ethics in Society, 12(3), 177–194. http://doi.org/10.1108/JICES-03-2014-0016
Stainbank, L., & Gurr, K.-L. (2016). The use of social media platforms in a first year accounting course. Meditari Accountancy Research, 24(3), 318–340. http://doi.org/10.1108/MEDAR-08- 2015-0051
Tadros, M. (2011). A social media approach to higher education. In Educating Educators With Social Media Cutting-edge Technologies in Higher Education (Vol. 1, pp. 83–105). Emerald. http://doi.org/10.1108/S2044-9968(2011)0000001007
Thomas, M., & Thomas, H. (2012). Using new social media and Web 2.0 technologies in business school teaching and learning. Journal of Management Development, 31(4), 358–367. http://doi.org/10.1108/02621711211219013
DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v1i2.2371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.