Rencana Strategis IT/IS Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan

Therezia Naraloka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyususn rencana strategis IT.IS pada Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan yang mampu menunjang strategis bisnis baik sekarang maupun masa depan. Metode yang digunakan dalam menyusun perencanaan strategis sistem dan teknologi informasi pada penelitian ini mengacu pada skema perencanaan strategis Ward and Peppard. Dengan tahapan analisis dilakukan kunjungan langsung ketempat penelitian, sehingga untuk pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan (observasi) ke lokasi penelitian. Berdasarkan analisa tersebut nantinya akan menghasilkan matriks portpolio McFarlans untuk menentukan aplikasi - aplikasi yang dibutuhkan sekarang dan potensial mendatang. Hasil dari penelitian ini mengetahui kondisi dan teknologi informasi yang ada, metodologi yang digunakan, gambaran mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternal serta langkah-langkah strategis apa yang harus dilakukan agar penerapan teknologi informasi dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


Lucas, H. 2000. Information Techno logy for Management (7th ed.). Irwin / McGraw-Hill.

Laudon. (2004). Manajemen Infor mation System : Managing the Digital Firm. New Jersey : Prentice-Hall

McKeown, P. G. (2002). Information technology and the networked economyy. Pennsylvania: Course Technology

Rangkuti, Freddy. 2006, Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Robson, Wendy. (1997). Strategic Management & Information Systems Second Edition. Prentice Hall, London.

Siagian, Sondang. (2004). “Manajemen Strategik”,Bumi Aksara : Jakarta

Pant, S and Hsu, C. ( 1995 ). Strategic Information System Planning : A. review, Proceedings of the International Conference On Information Resource Management, Atlanta, GA.

Ward, J. & Peppard, J.( 2002 ), Strategic Planning for Information System, Third Edition.John Wiley and Sons, Inc, New York.

Widodo, Joko. (2001). “Analisis Kebijakan Publik”, Bayumedia : Jakarta.

Williams dan Sawyer. 2003. Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers and Communications. London: Career Education.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v2i1.2381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.