SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI PADA PDAM MARTAPURA OKU TIMUR MENGGUNAKAN METODE MOORA

Anton Putra, Dian Hafidh Zulfikar, Aminullah Imal Alfresi

Abstract


Selama ini didalam proses pengambilan keputusan penilaian kinerja pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Oku Timur melalui prosedur dan ketentuan yang sudah disediakan oleh perushaan yang harus dipenuhi oleh para pegawai  PDAM Oku Timur, akan tetapi perlu dilakukan pengembangan didalam pengambilan keputusan sehingga meminimalisir kesalahan didalam memberikan penilaian kinerja pada pegawai PDAM Oku Timur. Tujuan dari sistem pendukung keputusan ini untuk menentukan kelalayakan penilaian kinerja pegawai pada PDAM Oku Timur menggunakan metode MOORA, Metode MOORA adalah metode yang memiliki perhitungan dengan kalkulasi yang minimum dan sederhana, metode ini memiliki tingkat selektifitas yang baik dalam menentukan suatu alternatif. Metode MOORA dipilih dalam penelitian ini karena cocok untuk mengambil suatu keputusan penilaian kinerja pegawai PDAM Oku Timur berdasarkan kriteria-kriteria yang telah di tetapkan dari perusahaan. Metodelogi yang digunakan yaitu Prototype,  yang terdiri  dari komunikasi, perencanaan secara cepat, pemodelan perencanaan secara cepat, pembentukan prototype (konstruksi), dan penyerahan sistem atau perangkat lunak ke pelanggan atau pengguna. Sistem Pendukung Keputusan yang dihasilkan dapat memberikan perangkingan terhadap penilaian kinerja pegawai PDAM Oku Timur  yang dimana artinya dapat memudahkan didalam pengambilan keputusan untuk menentukan pegawai terbaik disetiap tahunnya.

Full Text:

PDF

References


Brauers, W., Zavadskas, E. (2006) The MOORA Method and Its Application to Privatization in a Transition Economy by a New Method : the MOORA method, Control and Cybernatics, 35, pp. 445-469.

Brauers, W.K.M., et all.,2008. “Multi-Objective Contractor’s Ranking by Applying The MOORA Method”. Journal of business Ecomonics and Management. Vol 9(4) : 245-255.

Fishburn, P. C.,1967, A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision Making.

Hutagalung, Afta G.J. Syahputra, H. dan Sari, P. (2018) Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Kenaikan Jabatan Karyawan Menggunakan Metode MOORA. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI 2018). Hal. 653-658. ISBN : 978-602.

Mandal, U.K., and Sarkar,B. (2012) Selection of Best Intelligent Manufacturing System (IMS) Under Fuzzy MOORA Conflicting MCDM Environment, International Journal of Emerging, 2, pp. 301-310.

Pratiwi, H. 2016. Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Nugroho Adi, George John Leopold Nikijuluw, Theresia Herlina Rochadiani, dan Ike Kurniawati Wijaya (Penterjemah). 2012. Yogyakarta: Andi.

Rivai, V. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Saaty, T. L. 1995. Decision Making for Leaders: The Analytical Hierarchy Process for Decisions in a Complex World, Rev. ed. Pittsburgh: RWS Publishers.

Sukamto, R.A., dan Shalahudin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Sunarfrihantono, B. 2002. PHP dan MySQL untuk Web. Yogyakarta : Andi Offset.

Turban, E, Aronson, EJ, and Liang (2001). Ting peng, Decision Support System and Intellegent System. 6th Edition. Upper Saddle River: Prentice-Hall.

Yoon, K.P., Hwng, C.L. (1989). Multiple Attribute Decision Making Methods: An Introduction. Thousand Oaks, US, SAGE Publications, Ltd




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v3i1.2419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.