JARINGAN HOTSPOT RADIUS (REMOTE ACCES DIAL-IN USER SERVICE) SERVER MIKROTIK

Feby Ardianto, Trianto Trianto

Abstract


Peningkatan pengguna ini juga dibarengi dengan peningkatan jumlah Hotspot di tempat-tempat umum, seperti kafe, mal, bandara, di perkantoran bahkan juga di kampus dan di sekolah-sekolah tetapi penyebarannya tidak merata ke daerah-daerah pinggiran kota. Tujuan penelitian rancang bangun sistem keamanan jaringan hotspot menggunakan radius server untuk mengontrol dan membatasi setiap user jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  menggunakan 4 tahpan, yaitu:  1). Indentifikasi, 2). Pengadaan perangkat hardware dan software, 3). Desain radius server berbasis mikrotik, 4). Pengujian radius server  berbasis mikrotik. login user setiap perangkat computer dan  Smartphone berhasil login disetiap hotspot yang tersedia. user profile hotspot sebagai manajemen bandwidth pada setiap user berjalan dengan lancar dan stabil sesuai dengan kebutuhan penggunany dengan bandwidth maksimal 3Mbps dan minimal 0,2 Mbps. Rata-rata bandwidth maksimal 2,76 dan minimum 0,47 Mbps.


Full Text:

PDF

References


Zendrato Niskarto, “Analisis Pemanfaatan Bandwith Pada Off-Time Kantor,” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2016.

A. A. Gumelar, “Perancangan Jaringan Hotspot Berbasis Radius Server Untuk Manajemen Penggunaan Internet Di SMK Negeri 3 Pekalongan,” Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 43-48, 2017.

Y. N. Kunang dan I. Z. Yadi, “Autentikasi Pengguna Wireless LAN Berbasis Radius Server,” Sistem Informasi, pp. 1-25, 2008.

F. Ardianto dan Eliza, “PENGGUNAAN MIKROTIK ROUTER SEBAGAI JARINGAN SERVER,” Jurnal Surya Energi, pp. 24-29, 2016.

F. J. Bhayangkara dan I. Riadi, “Implementasi Proxy Server Dan Load Balancing Menggunakan Metode Per Connection Classifier (PCC) Berbasis Mikrotik,” Jurnal Sarjana Teknik Informatika, pp. 1206-1217, 2014.

M. Muhammad dan I. Hasan, “Analisa Dan Pengembangan Jaringan Wireless Berbasis Mikrotik,” Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, pp. 10-19, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v2i1.2503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.