PERANAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI APLIKASI GPO (GURU PEMBELAJAR ONLINE) DI SMAN KOTA PALEMBANG

Aminullah Imal Alfresi

Abstract


Guru Pembelajar Online yang disingkat GPO adalah salah satu moda pada program Guru Pembelajar yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) berbasis web yang dapat diikuti oleh Guru yang memenuhi kriteria. GPO merupakan layanan pembelajaran online bagi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Pada penelitian ini populasi yang diambil adalah guru dan Teknisi SMAN Sekota Palembang. Dalam kaitan ini peneliti mengambil sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah seratus orang guru yang ada di SMA Negeri Kota Palembang. Instrumen Penelitian ini yaitu dari teori model Depicting Technical and Human Componen of IT Infrastrukture yang berupa angket atau kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi peran infrastruktur teknologi informasi terhadap penerapan aplikasi GPO dan untuk mengetahui peran aplikasi GPO terhadap peningkatan kompetensi guru dalam sistem pembelajaran online. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peran penggunaan aplikasi GPO pada guru SMA di Palembang dan memberi solusi atau rekomendasi untuk melakukan peningkatan infrastruktur teknologi informasi pada aplikasi GPO menuju yang lebih baik. 

Full Text:

PDF

References


P. R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

D. E. T. Terry Anthony Byrd, “Measuring the Flexibility of Information Technology Infrastructure: Exploratory Analysis of a Construct,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 17, no. 1, pp. 167–208, 2000.

N. B. Duncan, “Capturing Flexibility of Information Technology Infrastructure: A Study of Resource Characteristics and Their Measure,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 12, no. 2, pp. 37–57, 1995.

D. T. McKay and D. W. Brockway, “Building IT Infrastructure for the 1990s,” Stage by stage, vol. 9, no. 3, pp. 1–11, 1989.

P. Weill, M. Subramani, and M. Broadbent, “IT Infrastructure for Strategic Agility,” 2002.

P. Sugiyono, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” Alpabeta, Bandung, 2011.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

W. W. Chin, “The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling,” Mod. methods Bus. Res., vol. 295, no. 2, pp. 295–336, 1998.

H. M. Jogiyanto and W. Abdillah, “Konsep dan Aplikasi Partial Least Square (PLS) untuk Penelitian Empiris,” Yogyakarta ANDI Publ., 2009.

I. Ghozali and H. Latan, “Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi Smart PLS 2.0 M3,” Semarang Badan Penerbit Univ. Diponegoro, 2012




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v2i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.