RELIABILITAS INSTRUMEN KUALITAS E-LEARNING MENGGUNAKAN TEORI WHYTE & BYTHEWAY DAN WEBQUL 4.0

Lucky Indra Kesuma

Abstract


Sistem e-learning dikembangkan dengan tujuan untuk mengakomodir kebutuhan proses akademik di Universitas Sriwijaya, namun seiring dengan pentignya peranan dari sistem, evaluasi terhadap efektivitas dari pemanfaatan sistem tersebut masih belum maksimal. Sehingga timbul kebutuhan untuk melakukan pemantauan untuk memastikan efektifitas dari fungsi sistem e-learning tersebut melalui evaluasi yang sistematis. Salah satu metodologi yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi yang didasarkan pada kerangka kerja Whyte & Bytheway. Kerangka kerja ini menawarkan pendekatan evaluasi sistem yang menekankan pada tiga unsur elemen utama yang relevan, yaitu produk, layanan, dan proses, pada penelitian ini hanya dua elemen yang digunakan yaitu produk dan layanan. Pada penelitian ini juga akan menggunakan metode WebQual 4.0. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah melakukan pengujian reliabitias terhadap variabel atau indikator yang akan dijadikan alat ukur untuk mengevaluasi e-learning. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan studi pendahuluan untuk evaluasi implementasi sistem e-learning dengan menggunakan kerangka kerja Whyte & Bytheway dan WebQual 4.0. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data dapat disimpulkan seluruh atribut-atribut pada kuisioner evaluasi implementasi e-learning menggunakan kerangka kerja Whte & Bytheway dan Webqual 4.0 dapat dikatakan reliabel atau terpercaya.


Full Text:

PDF

References


J. M. A. H. S. Echols, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Yunanda and M., Evaluasi dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

B. D. A. N. Servqual et al., “Akademik Its Menggunakan Kerangka Kerja,” pp. 2–4, 2013.

P. Metode, W. Terhadap, A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User,” pp. 477–484, 2017.

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Z. R. saputra Elsi, “Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Obat Berbasis Mysql Dengan Client Server,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 43, Mar. 2019, doi: 10.32502/digital.v2i1.2486




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v2i2.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.