SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH LAPTOP GAMING DAN CONTENT CREATOR SESUAI KEBUTUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Dirul Zidifaldi

Abstract


Pada era teknologi saat ini penggunaan laptop makin hari semakin meningkat baik itu penggunaan untuk bekerja, belajar-mengajar, gaming, maupun content creator semakin meningkat tiap tahunnya. Banyak perusahaan dibidang laptop mengeluarkan product yang bisa dikatakan murah dengan spesifikasi yang ditawarkan sehingga membuat para konsumen bingung memilih mana laptop yang sesuai kriteria dan laptop tersebut dapat bertahan 3-4 tahun kedepan. Sistem pendukung keputusan dapat digunakan dalam permasalahan ini dengan menggunakan metode weighted product. Metode weighted product adalah sebuah metode yang terdapat dalam sistem pendukung keputusan dengan menggunakan perkalian dalam menghubungkan nilai atribut, dimana nilai setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dulu dengan bobot atribut terkait. Dari hasil penelitian ini metode weight product dapat memberikan saran laptop terbaik sesuai kriteria yang di inginkan oleh konsumen.


Full Text:

PDF

References


G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp ( Studi Kasus?:,” J. Pilar Nusa Mandiri Vol.13, No. 2., vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017, doi: ISSN: 2303-11.

D. Yunita and E. Ridhawati, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop,” Konf. Mhs. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 131–136, 2017.

W. Suharso et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Pada E-Commerce Menggunakan Metode Weighted Product,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa 2019, pp. 43–53, 2019.

N. Nurjannah, Z. Arifin, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Dengan Metode Weighted Product,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 20, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.186.

H. Pratiwi, “Penjelasan sistem pendukung keputusan,” no. May, 2020.

F. Sari, Metode dalam Pengambilan Keputusan - Febrina Sari - Google Buku. 2018.

N. A. Syafitri and A. P. Dewi, “Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web,” semanTIK, vol. 2, no. 1, pp. 169–176, 2016, doi: 10.1016/j.bmc.2010.09.050




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v3i2.2636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.