PENGUJIAN BLACKBOX SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT INKA (PERSERO) BERBASIS EQUIVALENCE PARTITIONS

Yahya Dwi Wijaya, Muna Wardah Astuti

Abstract


Sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT INKA (Persero) merupakan sebuah terobosan sistem informasi untuk membantu kegiatan penilaian kinerja karyawan di PT INKA (Persero). Dengan adanya sistem informasi penilaian kinerja karyawan tersebut diharapkan penilaian nantinya dapat dilakukan secara paperless dan efisien. Sebelum digunakan, sistem informasi penilaian kinerja karyawan dibutuhkan pengujian untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan fungsionalitas. Pengujian fungsionalitas pada sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT INKA (Persero), dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing berbasis Equivalence Partitions. Black box testing merupakan pengujian kualitas perangkat lunak yang berfokus pada fungsionalitas perangkat lunak. Pengujian black box bertujuan untuk menemukan fungsi yang tidak benar, kesalahan antarmuka, kesalahan pada struktur data, kesalahan performansi, kesalahan inisialisasi dan terminasi. Teknik yang digunakan dalam pengujian blackbox ini adalah teknik equivalence partitions. Equivalence partitions merupakan sebuah pengujian berdasarkan masukan data pada setiap form yang ada pada sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT INKA (Persero). Setiap menu masukan akan dilakukan pengujian dan dikelompokkan berdasarkan fungsinya, baik itu hasilnya valid atau tidak valid. Setelah melakukan 11 butir test case, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi penilaian kinerja karyawan PT INKA (Persero) tidak ditemukan kesalahan fungsionalitas pada setiap fitur. Sehingga sistem informasi berjalan dengan baik dan siap digunakan.

Full Text:

PDF

References


H. Hendri, J. W. H. Manurung, R. A. Ferian, W. F. Hanaatmoko, dan Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, vol. 3, no. 2, hlm. 107–113, 2020.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, dan A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informasi Univiversitas Pamulang, vol. 4, no. 4, hlm. 125–130, 2019.

R. B. Trengginaz, A. Yusup, D. S. Sunyoto, M. R. Jihad, dan Y. Yulianti, “Pengujian Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta berbasis Website Menggunakan Metode Black Box dengan Teknik Equivalence Partitioning,” Jurnal Teknologi. Sistem Informasi Dan Aplikasi., vol. 3, no. 3, hlm. 144–149, 2020.

M. Nurudin, W. Jayanti, R. D. Saputro, M. P. Saputra, dan Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” Jurnal Informasi Univiversitas Pamulang, vol. 4, no. 4, hlm. 143–148, 2019.

A. Agustian, I. Andryani, S. Khoerunisa, A. Pangestu, dan A. Saifudin, “Implementasi Teknik Equivalence Partitioning pada Pengujian Aplikasi E-learning Berbasis Web,” Jurnal Teknologi Sistem Inormasi. Dan Aplikasi, vol. 3, no. 3, hlm. 178–184, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i1.3163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.