PENGOLAHAN KUISIONER MENENTUKAN DOSEN TERBAIK PILIHAN MEHASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA UNIVERSITAS MAHAKARYA ASIA BATURAJA

kadarsih kadarsih

Abstract


Komponen yang cukup penting dalam perguruan tinggi adalah dosen, berprofesi sebagai seorang pengajar, menyiapkan Sumber Daya Manusia sebagai tenaga ahli di dibidangnya sesuai dengan visi dan misi program studi Universitas Mahakarya Asia Baturaja. Sebagai seorang dosen mestinya memiliki kemampuan dalam mentrasformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga harus mampu mentrasfer karakter yang baik kepada para mahasiswa yang ada di lingkungan perguruan tinggi. Upaya yang telah dilakukan di tingkat program studi dalam rangka menyajikan dosen yang dapat diterima di kalangan mahasiswa yakni dengan melakukan EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa). Melalui EDOM tersebut mahasiswa akan memberikan penilaian kepada dosen berkenaan dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun metode yang digunakan Simple Additive Weighting (SAW) yaitu metode penjumlahan terbobot, dan didapatkan satu alternatif dosen terbaik Teknik Informatika pilhan mahasiswa pada periode Genap 2020/2021

Full Text:

PDF

References


W. D. Puspitasari and D. K. Ilmi, “Jurnal Ilmia Teknik Informatika (ANTIVIRUS),” Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metod. Anal. Hierarchy Process, vol. 10, no. 2, 2016, doi: https://doi.org/10.35457/antivirus.v10i2.163.

P. P. Rini, Dedi, and N. Riyanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Berbasis Web Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) (Studi Kasus: STMIK Global Tangerang),” J. Sisfotek Glob., vol. 5, no. 2, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v5i2.89.

T. Sutabri, Konsep sistem informasi. Penerbit Andi, 2012.

F. Andalia and E. B. Setiawan, “Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Padang,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i2.2431.

Kusrini, Konsep dan aplikasi sistem pendukung keputusan, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2007.

M. Fiqih and Y. Kusnadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, 2017.

D. Haryanto, M. Y. Doli, and A. Fadrianto, “Aplikasi Pengolahan Data Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Dinas Koperasi, Ukm Dan Penanaman Modal Provinsi Sumatera Selatan,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 54–60, 2019, doi: https://doi.org/10.32502/digital.v2i2.2505.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i2.3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.