SISTEM INFORMASI MONITORING PENGGUNA NARKOBA DENGAN STUDI KASUS BNN KABUPATEN MUSIRAWAS MENGGUNAKAN METODE MVC

Lukman Sunardi, Harma Oktavia Lingga Wijaya, Armanto Armanto

Abstract


Penerapan teknologi komputer dalam setiap aspek dunia perkantoran Indonesia sudah dianggap sebagai suatu kebutuhan. Tanpa memiliki sistem informasi yang tangguh dalam pencarian data akan lebih sulit dilakukan. Monitoring adalah pengumpulkan secara teratur , mengkaji dan bertindak atas informasi tentang pelaksanaan suatu proyek atau kegiatan,yang pada umumnya digunakan untuk memeriksa kinerja terhadap target serta memastikan memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Kantor BNN Musi Rawas adalah sebuah intansi pemerintahan yang berada di kabupaten Musi Rawas, yang bertugas memantau  kegiatan penyalahgunaan Zat PSIKOTROPIKA atau pun NAPZA. Permasalahan yang dihadapi BNN yaitu dalam penghitungan pengguna narkoba yang ada di Kabupaten  Musi Rawas yang berada pada wilayah tertentu belum maksimal dan masih mencatat menggunakan aplikasi Ms. Word, belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi menggunakan database, sehingga dalam pencatatan dan penyajian laporan tentang data-data pengguna narkoba di Kabupaten Musi Rawas masih belum akurat dan untuk mengukur tingkat pengangguran di suatu daerah yang berada di Kabupaten Musi Rawas masih rendah tingkat ke akuratannya. Metode pengembangan sistem yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode waterfall dan hasil penelitian adalah sistem informasi monitoring pengguna narkoba dengan studi kasus BNN Kabupaten Musirawas menggunakan Model View Controller (MVC.

Full Text:

PDF

References


A. T. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Dinas Pendapataan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Mura Tara Berbasis Web Mobile,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 4, no. 1, pp. 27–36, 2019, doi: 10.32767/jusim.v4i1.418.

Elmayati and T. Azari, “Rancang Bangun Dashboard Sistem Informasi Sebaran Data Penduduk Berbasis Web Mobile ( Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau ),” Jusim, vol. 2, no. 2, pp. 93–101, 2017.

A. T. Hidayat, A. T. Hidayat, P. Studi, S. Informasi, and U. B. Insan, “Lubuklinggau Berbasis Web,” vol. 04, no. 02, pp. 97–108, 2019.

N. I. Widiastuti and R. Susanto, “Kajian Sistem Monitoring Dokumen Akreditasi Teknik Informatika Unikom,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 12, no. 2, pp. 195–202, 2014, [Online]. Available: https://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/kajian-sistem-monitoring.4h.

M. Safei and N. Dengen, “Sistem Monitoring Data Rehabilitasi Institusi Nasional Provinsi Kalimantan Timur,” vol. 2, no. 2, 2017.

BNN, “Narkotika,” BNN, 2019. .

M. S. ROSA A.S, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.

Z. R. S. Elsi, G. Rohana, and V. Nuranjani, “New Student Admissions Information System With Client Server Based Sms Gateway,” JITK (JURNAL ILMU Pengetah. DAN Teknol. KOMPUTER), vol. 6, no. 2, pp. 159–166, 2021, doi: 10.33480/jitk.v6i2.1377.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i2.3542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.