PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGAJUAN BEASISWA CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) ONLINE DI UNIVERSITAS BINA INSAN BERBASIS WEB MOBIILE

Harma Oktavia Lingga Wijaya, Andri Anto Tri Susilo, Lukman Hakim

Abstract


Salah satu pengolahan administrasi yang dapat diterapkan dengan menggunakan teknologi adalah sistem informasi pengajuan beasiswa secara online. Selama ini proses pengajuan beasiswa CSR di Universitas Bina Insan Lubuklinggau masih terdapat banyak kekurangan yaitu calon pemohon beasiswa harus datang secara langsung ke kampus Universitas Bina Insan Lubuklinggau untuk melihat dan mendapatkan informasi-informasi dan persyaratan tentang beasiswa CSR tersebut, calon pemohon beasiswa mendaftarkan dirinya secara manual dengan cara mengisikan form-form yang sudah ada dan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya, jika persyaratan belum lengkap calon pemohon beasiswa tersebut harus kembali lagi untuk melengkapi persyaratan yang ada, pengumuman untuk jadwal seleksi dan kelulusan penerima besiswa csr masih diumumkan melalui media sms kepada masing masing masing peserta beasiswa, terkadang pesan yang disampaikan melalui media sms tidak sampai dan akhirnya peserta pengaju beasiswa ketinggalan informasi dan mengakibatkan peserta tersebut di diskualifikasi karena tidak hadir pada saat ujian seleksi penerimaan besiswa csr berlangsung. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode waterfall. hasil penelitian adalah sistem informasi pengajuan beasiswa csr online di universitas bina insan berbasis web mobile

Full Text:

PDF

References


K. Lumbanbatu and Novriyeni, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Beasiswa (PPA DAN BBM) Dengan Metode Simple Additive Weighting (Study Kasus : Akbid Kholisaturrahmi Binjai).,” J. KAPUTAMA, vol. 7, no. 2, pp. 16–27, 2014.

T. Sutabari, Konsep Sistem Informasi. Andi, 2012.

B. Hartono, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Renika Cipta, 2013.

S. Aisyah and Syaifullah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Beasiswa (Studi Kasus : Kantor Bupati Kabupaten Siak),” J. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 91–94, 2016.

I. Mulhim, Desain Web Untuk Desktop dan Mobile dengan Responsive Web Design. Palembang: Maxicom, 2014.

E. P. Utomo, Mobile Web Programming. Yogyakarta: 2010, 2010.

M. S. Rosa A.s, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.

Z. R. S. Elsi, G. Rohana, and V. Nuranjani, “New Student Admissions Information System With Client Server Based Sms Gateway,” JITK (JURNAL ILMU Pengetah. DAN Teknol. KOMPUTER), vol. 6, no. 2, pp. 159–166, 2021, doi: 10.33480/jitk.v6i2.1377.

M. S. Rosa A. S, Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v4i2.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.