Pemanfaatan iot sebagai sistem deteksi dini kebakaran dengan sensor api dan sensor suhu berbasis arduino

dirul zidifaldi, Asrul Abdullah, Kartika Sari, Izhan Fakhruzi

Abstract


Kebakaran salah satu bencana yang mungkin saja terjadi sehingga menghanguskan atau membakar segala barang serta sesuatu yang kita miliki. Keterlambatan dalam penanganan dapat mengakibatkan kerugian baik itu jiwa ataupun materi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun sebuah sistem deteksi dini kebakaran yang dapat mengirim informasi kepada seseorang agar dapat ditangani dengan cepat. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dimana sistem deteksi kebakaran langsung di uji coba. Eksperimen dilakukan terhadap sensor api dan sensor suhu untuk menganalisis output seperti buzzer, LED, dan Notifikasi pada smartphone pengguna yang akan dilakukan. Hasil penelitian ini adalah membuat sebuah sistem deteksi dini kebakaran, apabila terjadi bahaya kebakaran pada suatu ruangan maka sistem secara otomatis mengirimkan pesan notifikasi ke smartphone bahwa telah terjadi kebakaran pada aplikasi blynk. Pengujian dilakukan dengan membuat simulasi kebakaran dengan ruangan yang di dalamnya terdapat api sehingga dapat memenuhi seluruh aspek yang diperlukan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sistem deteksi dini kebakaran dapat memberikan peringatan pada pengguna apabila terjadi kebakaran di sekitar lokasi sistem melalui buzzer ataupun notifikasi smartphone sehingga dapat membantu mengurangi tingkat kebakaran serta kerugian yang dihasilkan.


Full Text:

PDF

References


T. Sutikno, W. S. Aji, and R. Susilo, “Perancangan Alat Pendeteksi Kebakaran Berdasarkan Suhu Dan Asap Berbasis Mikrokontroler AT89S52,” Tek. Elektro Fak. Teknol. Ind. Univ. Ahmad Dahlan, pp. 49–56, 2006.

A. Bachri, “Rancang Bangun Sistem Deteksi Kebakaran Gedung di Universitas Islam Lamongan Berbasis Mikrokontroller Menggunakan Radio Frekuensi,” J. Elektro, vol. 4, no. 1, p. 228, 2019, doi: 10.30736/je.v4i1.305.

B. Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pontianak, “Data Korban Bencana dan Bantuan Tahun 2018,” https://data.pontianakkota.go.id/gl/dataset/data-jumlah-kejadian-kebakaran-hutan-dan-lahan, 2020.

Z. R. Sapura, “Perancangan Monitoring Suhu Ruangan Menggunakan Arduino Berbasis Android Di PT. Tunggal Idaman Abdi Cabang Palembang,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2, p. 37, 2016, doi: 10.32767/jti.v8i2.114.

N. A. Wiratama, D. M. Wiharta, and N. M. A. E. D. Wirastuti, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Ketinggian Air Berbasis Android Menggunakan Transistor Water Level Sensor,” J. SPEKTRUM, vol. 7, no. 4, pp. 81–89, 2020.

Melfianora, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur,” Open Sci. Framew., pp. 1–3, 2019, [Online]. Available: osf.io/efmc2.

Iryana and R. Kawasati, “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif,” pp. 1–17, 2019.

zulhipni reno saputra, “Perancangan Smart Home Berbasis Andruino,” Jurnal Manajemen dan Informatika Sigmata, vol. 4, no. 1, pp. 43–51, 2016, doi: 10.13140/RG.2.2.12548.22408.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v5i2.4338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.