Perancangan sistem pemantau untuk pengairan waduk dan irigasi berdasarkan tingkat kelembaban berbasis wireless sensor network

Emilia Hesti, Susan Zefi a, Siswandi c

Abstract


Kebanyakkan peduduk Indonesia yang dalam kesehariannya banyak mengkonsumsi satu kebutuhan pokok yaitu nasi. Oleh sebab itu beras  merupakan suatu kebutuhan pokok yang penting untuk menghasilkan beras yang baik untuk diproses menjadi nasi yang enak dan pulen. Sawah yang dapat menghasilkan  beras berkualitas baik adalah berasal dari sawah yang dirawat dengan baik juga. Pengairan Waduk dan Irigasi Sawah akan menjadi lebih efisien jika dilakukan dengan bantuan alat yang dapat bekerja secara otomatis. Alat Pengairan Waduk dan Irigasi ini dilengkapi dengan Humidity Sensor yang mampu mendeteksi keadaan sawah dengan tiga indikator, yaitu kering lembab dan basah, sehingga pengairan sawah lebih efisien. Kedua, alat ini dilengkapi oleh sensor flow sehingga alat ini dapat menghitung berapa banyak air yang melewati sensor tersebut dalam pengairan sawah, sehingga  apabila jumlah air yang diperlukan  untuk pengairan sawah sudah cukup maka otomatis air akan berhenti mengalir. Prinsip Kerja Alat yang dirancang ini merupakan sistem pengairan waduk dan irigasi berbasis wireless sensor network. Tiap sensor sumber pada WSN akan mengumpulkan data dari area yang dipantau, selanjutnya mengirimkan sinyal ke base station. Perancangan alat ini menggunakan mikrokontroler Arduino Mega2560 sebagai prosesor alat. Tegangan yang dikirim ke prosesor tadi memerintahkan mikrokontroler Arduino Mega2560 sebagai kendali dari alat tersebut. Sensor kelembaban (Humidity Sensor) alat ini akan mendeteksi  tiga keadaan sawah apakah sawah dalam keadaan kering, lembab dan basah. Saat nilai kelembaban tanah sawah < 250 Rh (%) maka sawah dalam kondisi kering, saaat sawah > 250-500 Rh (%) sawah dalam keadaan lembab dan pada saat sawah > 500 Rh (%) sawah dalam keadaan basah. Ketiga kondisi tersebut akan tampil pada LCD dan akan akan dikirim data ke internet kemudian akan tampil grafik nilainya. Wireless Sensor Network digunakan untuk mengatur sistem kontrol dari penggunaan water flow sensor, modul SIM900 dari sisi Tx dan Rx.


Full Text:

PDF

References


Husni. 2018. Monitoring Kelembaban Tanah Pertanian Menggunakan Soil Moistur Sensor FC-28 dan Arduino Uno. Gorontalo: Ilkom 10(2):239.

Sholihin, Eka Susanti. 2018. Humanoid robot control system balance dance Indonesia and reader filters using complementary angle value. Internasional Conference E3S Web of Conferences, 31, Universitas Diponogoro, Indonesia.

Eka susanti, Rosita febriani, Sholihin, Eka susanti, Emilia hesti, 2018, The design of hand gesture robot software based on wireless technology, IEEE conferences ICOIACT 2018, Indonesia, p.p 401 – 406.

Adewasti,Rosita febriani, Sholihin, Eka susanti,2018, Xbee pro module application into organize and monitoring earthquake disaster location with the robot control system, IEEE conferences ICOIACT, Indonesia, p.p 651 – 655.

Siregar, Yupa Artasari. 2018. Rancang Bangun Robot Pendeteksi Ranjau Darat Menggunakan Sensor Logam Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Skripsi. Medan: Univsersitas Sumatera Utara.

Sarjana,Emilia Hesti,Sholihin, Coffee Groping Control System using tcs 3200 Sensor Based on xbee, journal of physic: Conference series,Vol,1167,2nd forum in research,science and technology 30-31 Oktober 2018, Palembang,Indonesia.

Z. R. Sapura, “Perancangan Monitoring Suhu Ruangan Menggunakan Arduino Berbasis Android Di PT. Tunggal Idaman Abdi Cabang Palembang,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 8, no. 2, p. 37, 2016, doi: 10.32767/jti.v8i2.114.

Emilia Hesti,Sholihin,Adewasti,Sarjana,amirah fakhirah, Internet of thing for the comando robot command system, journal of physic: Conference series,Vol.1500,3nd forum in research,science and technology 9-10 Oktober 2019, Palembang,Indonesia.

Suzan Zefi, Eka Susanti, R.A Halimahtussa'diyah, Sholihin and Amirah Fakhirah, Wireless Sensor Network Data Communication and Information system to Regulate Water Volume and Turbine Rotation, journal of physic: Conference series,Vol,1500,3nd forum in research,science and technology 9-10 Oktober 2019, Palembang,Indonesia.

Suzanzefi, Irawan Hadi, Ciksadan, R A Halimah Thussyadiyah, Sholihin. MIMO Printed Dipole Antenna for Wimax Network Usage Application, journal of physic: Conference series, Vol,1167,2nd forum in research,science and technology 30-31 Oktober 2018, Palembang,Indonesia.

Z. reno Saputra, T. Ismail, H. M. M, and H. P. M, “Perancangan Sistem Billing Playstation Berbasis Arduino-Based Playstation Billing System Design,” Jusikom J. Sist. Komput. Musirawas, vol. 4, no. 2, pp. 59–64, 2019, doi: 10.32767/jusikom.v4i2.573.

Bijian Jian, Yongfa Ling, Xiaoyu Liu and Yicheng Xie, Design of a Stereo Monitoring System Based on Wireless Sensor Networks, journal of physic: Conference series,Vol,1802, the 7th Internasional conference on computer-aided Design Manufacturing,Modeling and Simalation (CDMMS 2020) 14-15 November 2020, Busan, South Korea.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v5i2.4779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.