PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MINAT BELAJAR TIK SISWA KELAS XI

aminullah imal alfresi, Imamulhakim Syahid Putra

Abstract


Salah satu penyebab rendahnya minat belajar adalah kurang tepatnya penerapan metode pembelajaran yang diberikan di sekolah. Oleh karena itu alternatif mengembangkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Expalining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah dan menggunakan strategi pembelajaran Student Facilitator And Expalining dan mengetahui perbedaan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran mrnggunakan Student Facilitator And Expalining dengan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah pada saat dikelasĀ  XI SMK Negeri 3 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palembang yang berjumlah 192 siswa.Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling.Jumlah sampel sebanyak 96 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan menggunakan empat skala likert. Analisa data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran meggunakan metode ceramah dan strategi pembelajaranStudent Facilitator And Explaining yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata minat belajar sebelum sebesar 68,21, dan sesudahnya sebesar 81,67. Pada kelas eksperimen nilai rata-rataminatbelajarsebelumnyasebesar68,60,dansesudahnya82,5.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v6i1.5606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.