Sistem Pakar Mendeteksi Tindak Pidana Cyber Crime untuk Penanganan Komputer Forensik Menggunakan Backward Chaining

Yustida Bellini, Tata Sutabri

Abstract


Sistem pakar mendeteksi tindak pidana cybercrime untuk penanganan komputer forensik menggunakan backward chaining adalah suatu sistem yang dirancang untuk mendeteksi tindak pidana cybercrime yang dilakukan oleh pelaku kejahatan. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana mendeteksi tindak pidana cybercrime yang dilakukan, pasal yang sesuai dengan kejahatan cybercrime yang dilakukan dan hukuman apa yang sepantasnya diberikan kepada pelaku kejahatan cybercrime. Tujuan dibuatnya sistem pakar ini yaitu untuk memudahkan dalam proses mendeteksi tindak pidana cybercrime yang dilakukan, pasal yang sesuai dengan kejahatan yang dilakukan, dan hukuman yang sepantasnya didapatkan oleh pelaku kejahatan, agar pelaku kejahatan tidak akan mengulangi lagi kejahatan yang pernah dilakukan. Metode penelitian dalam pembuatan sistem pakar ini yaitu menggunakan metode observasi, studi pustaka dan wawancara. Sistem pakar berkembang melalui pembuatan sistem yang menggunakan bentuk pemograman Hypertext Prepocessor (PHP) dan juga basis data menggunakan MySQL. Pad pembuatan desain menggunakan HTML dan CSS yang mana pada pembuatan sistem ini dapat memiliki hasil yaitu agar dapat membantu dalam proses pendeteksian tindak pidana cybercrime untuk penanganan kompoter forensik sehingga dapat diketahui dengan mudah kejahatan-kejahatan yang terjadi, jenis kejahatan dan hokum kejahatan cybercrime yang dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Tata Sutabri, 2013, Komputer dan Masyarakat, Yogyakarta, Andi.

Tata Sutabri, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Sutabri, Tata. (2021). Perancangan Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Diabetes Berbasis Web Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Teknlogi Informatika dan Komputer MH. Thamrin, 7, 112-123.

Putri, Anggia Dasa. (2017). Sistem Pakar Mendeteksi Tindak Pidana Cybercrime Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Di Kota Batam. Jurnal Edik Informatika, V3.i2, 197-210.

Sutabri, Tata. (2020). Perancangan Sistem Smart Home Dengan Konsep Internet Of Things Hybrid Berbasis Protokol Message Queuing Telemetry Transport. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer MH Thamrin, 6, 123-136.

Sutabri, Tata. (2016). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ensiklopedia Resep Makanan Khas Kuningan Jawa Barat Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi, 2, 175-180.

Sutabri, Tata (2019). Tempat Sampah Pintar dengan Notifikasi Berbasis IOT. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 5, 50-57.

Tata Sutabri, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Tata Sutabri, 2005, Analisa Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Sutabri, Tata. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Progres Proyek Properti Berbasis Website Pada PT Peruri Properti. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer MH Thamrin, 8, 17-29.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v6i1.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.