Pengembangan Landing Page sebagai Alat Pemasaran Digital yang Efektif bagi UMKM (Studi kasus pada UMKM Dechefdefinzs)

Artiana Krestianti, Rooswhan Budhi Utomo, Ali Akbar, Raldy Hendrianu, Lely Prananingrum, Sri Kurniasih Agustin, Irawaty Irawaty

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang perlu mendapat perhatian, karena dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi biaya pengangguran dengan bersaing mendapatkan pekerjaan di sektor formal. Tujuan penelitian ini untuk membantu UMKM Dechefdefinzs dalam memasarkan produknya kepada calon customer. Landing page ini dibuat menggunakan metode waterfall, dengan mengumpulkan data, menganalisa data, membuat desain dari data yang sudah dianalisa, membuat program, dan melakukan pengujian terhadap landing page. Pengembangan aplikasi berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan framework Laravel yang mudah diaplikasikan saat ini dan dalam jangka panjang. Dengan adanya aplikasi berbasis web ini UKM Dechefdefinzs diharapkan ke depannya mendapatkan customer lebih banyak. Pembuatan landing page dan website Dechefdefinzs dapat memperluas jangkauan penjualan produk-produknya seperti kue tradisional, kue loyang, bakery, menu nasi dan kue kering. Website ini juga memudahkan customer melakukan pemesanan dan mendapatkan informasi produk hanya dengan melihat website tanpa harus datang ke lokasi.


Full Text:

PDF

References


Hardiyan, (2019), June9. “Pemberdayaan UMKM, Presiden Jokowi https://ekonomi.bisnis.com/ read/20191209/12/1179367/peberdayaan-umkmpresiden-jokowi-kemterian.

Nur Jamal Shaid. (2023). Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya, diakses pada 23 September 2023 https://money. kompas.com/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-krite-ria-ciri-dan-contohnya?page=all,

Ernawati. 2016. Penerapan Sistem Akuntansi Dasar pada Usaha Kecil Menengah di Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi Wiga. STIE Indonesia Banjarmasin.

Prananingrum, L., Agustin, S. K., Sugiarti, R., Anggraeni, S. T., Suryansyah, I., & Iswandhari, S. M. (2023). Informasi penjualan pada umkm dapur ummu yahya sebagai media pemasaran kue berbasis website. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 6(1), 13-21.

Rakhman, M. A., & Saputra, E. H. (2016). Pembuatan Aplikasi Layanan Kustomisasi Landing Page Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 43.

Basyah, B. L., Djamahar, E., Gianadevi, F., Prasetyobudi, E., & Prananingrum, L. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCARIAN RUMAH KOS KABUPATEN REMBANG BERBASIS WEB. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 5(1), 40-53.

H. Andrianof, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PROMOSI dan Penjualan Pada Toko Ruminansia berbasis Web,” vol. 5, no. 1, pp. 11–19, 2018

Rosa A.S dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. 2016.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Yulianto, S. V., & Atmaja, A. P. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Web dengan SDLC Waterfall. Jurnal Sisfo ITS, 7(2), 149–164.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Daruyani, S., Irawaty, I., Krestianti, R. A., Purbiyanti, O. D., & Hakim, R. R. (2022). Perancangan Pembuatan E-Learning Berbasis Website Pada SMK Ad-Da’wah Jakarta. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 169-177.

Yani, A., Syauki, A., & Marlina, S. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Madrasah Aliyah Attaqwa Tangerang. Jurnal Informatika, 6(2), 255-261.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v7i1.7155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.