Aplikasi E-Tourism Berbasis Web Kota Pagar Alam Sumatera Selatan

Heriansyah Heriansyah, Muhammad Junius Effendi

Abstract


Penerapan sistem informasi dalam berbagai bidang dapat memberikan kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep penyampaian informasi konvensional yang pada saat ini dirasakan sangatlah kurang efektif. E-tourism merupakan salah satu terobosan yang dapat mengantikan konsep informasi yang konvensional, dimana dengan adanya e-tourism dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari informasi yang ingin dicari memalui media internet. Pagar Alam merupakan salah satu kota di sumatera selatan yang memiliki banyak ragam wisata, baik wisata budaya, wisata alam, wisata seni dan lain sebagainya. Seiring berkembangannya industry pariwisata pada saat ini, penerapan E-tourism dapat menjadi salah satu solusi sebagai media promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Rapid Application Development (RAD) dengan tahapan sebagai berikut perancangan kebutuhan, desain sistem, proses pengembangan dan pengumpulan feedback, implementasi.


Full Text:

PDF Untitled

References


Arizona, N. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web, 1(2), 105-119.

Destiningrum, Mara., dan Adrian Qadhli Jafar. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal TEKNOINFO, 11, 32.

Dua Genta, Putra., dan Suseno Adnan Terry. (2020). Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Karanganyar Berbasis Web. Jurnal TRANSFORMASI (Informasi dan Pengembangan Iptek), 16, 90-96.

Gurupendidikan.2021. Simbol Flowchart : Arti, Tujuan, Jenis, Contoh Studi Kasus. https://www.gurupendidikan.co.id/simbol-flowchart/ (diakses tanggal 27 januari 2021)

IpanRipai. (2017). Rancang Bangun Media Pembelajaran Menggunakan Android Untuk Mata Kuliah Pemrograman Internet Menggunakan Magazine App Maker. Jurnal ICT Learning, 3, 3.

Lengkong Cheril, Mouren. Sengkey Rizal., dan Sugiarso Brave Angkasa. (2019). Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa. Jurnal Teknik Informatika, 14, 21.

Lesva, Okta., dan Arif Alfis. (2020). Sistem Informasi Wisata Purbakala Situs Megalithikum Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Jurnal Sistem Informasi Musirawas, 5, 126.

Palit Randi, V. Rindengan Yaulie D.Y. (2018). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4, 2.

Putri Meidyan, Permata., dan Effendi Hendra. (2018). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Website Service Guide “Waterfall Tour South Sumatera”. Jurnal SISFOKOM, 7, 136.

Rahmadayanti, Fitria., dan Septriani Evy. (2020). Sistem Informasi Pariwisata Untuk Memudahkan Wisatawan Menentukan Rute Perjalanan Berwisata di Kota Pagar Alam Berbasis Web. Jurnal Ilmiah BETRIK, 11, 199.

Sadali, Muhammad dan Sarkasi Suryadi. (2018). Perancangan Sistem Ujian Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maraqitta’Iimat Mamben. Jurnal Informatika dan Teknologi, 1, 67.

Septriani, Evy., dan Rahmadi Beni. (2019). Pengembangan Aplikasi Pariwisata Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah BETRIK, 10.

Standsyah, Rahmawati Erma., dan N.S Intannia Sari Restu. (2017). Implementasi PhpMyAdmin Pada Rancangan Sistem Pengadministrasian. Jurnal UJMC, 3, 39.

Yanuardi., dan Permana Angga Aditya. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada PT. Sectet Discoveries Travel and Leisure Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika (JIKA) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 3.




DOI: https://doi.org/10.32502/digital.v6i2.7630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Digital by http://jurnal.um-palembang.ac.id/digital is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.