PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI SALAH SATU UNIVERSITAS DI SURAKARTA)

Shofia Nur Mutmainnah, Kusnia Padmawati, Nella Puspitasari, Baskoro Adi Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui profil keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pendidikan biologi di salah satu universitas di Surakarta, (2) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains (KPS) antara mahasiswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian yang dilakukan termasuk studi kasus dengan mahasiswa semester 2 di salah satu universitas di Surakarta yang berjumlah 52 mahasiswa. KPS diukur menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sejumlah 20 soal yang dikembangkan oleh Sutanto (2015). Indikator KPS yang diukur meliputi KPS dasar dan KPS terintegrasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase untuk mengetahui profil KPS mahasiswa dan uji t independen untuk mengetahui perbedaan KPS mahasiswa akademik tinggi dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan: 1)  profil  KPS mahasiswa secara umum dapat dinyatakan sedang dengan angka 67%. Indikator menggunakan alat dan mengkomunikasikan memperoleh kategori sangat baik (90,74%), sedangkan indikator menafsirkan memperoleh kategori sangat kurang (29,62%), 2) tidak ada perbedaan yang siginifikan antara rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan KPS pada kelompok mahasiswa dengan kemampuan akademik tinggi dan rendah (nilai sig. 2-tailed 0,567 > ? 0,05).

 

This study aimed: 1) to determine the profile of science process skills in biology education students at a university in Surakarta, 2) to determine the differences of science process skills between students with upper and lower academic ability. This study was a case study with 52 second semester students at a university in Surakarta. Science process skills was measured using a written test in the form of multiple choice questions of 20 questions developed by Sutanto (2015). The measured indicators of science process skills included basic and integrated science process skills. Data analysis of the this study used the quantitative descriptive analysis in percentage to determine the profile of students’ scientific process and the independent t-test to determine the difference of science process skills between students with upper and lower academic ability. The results showed: 1) in general, the profile of students’ science process skills was in moderate with 67%. Using tools and communicating as indicators of science process skills obtained very good categories (90.74%), while interpreting indicator obtained very poor categoriy (29.62%), 2) no significant difference of average of  learning outcomes using science process skills between students with upper and lower academic ability (sig. 0.567 > ? 0.05).


Keywords


keterampilan proses sains; keterampilan proses sains dasar; keterampilan proses sains integrasi; science process skills; basic science process skills; integrated science process skills

Full Text:

PDF

References


Amnah, S., & Idris, T. (2016). Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif dengan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UIR T.A 2013/2014. Jurnal Pelita Pendidikan, 4 (1), 137–144.

Darmaji, Kurniawan, D.A., Parasdila, H., & Irdinati. (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6 (3), 345–353.

Fadillah, E.N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1 (2), 123–134

Faiqoh, N., Astuti, L.P., Khasanah, N., Prayitno, R., Prayitno, B.A. (2018). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Kelas X dan XI MIPA di SMA Batik 1 Surakarta pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (3), 174–182.

Hamdiyati, Y., & Kusnadi. (2007). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 10 (2), 36–42.

Hastuti, P.W. (2013). Integrative Science Untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional FMIPA UNY, 18 Mei 2013.

Ibrahim, M. (2016). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4 (01), 1-9.

Handayani, A.P., Koes, S., & Parno. (2016). Identifikasi Keterampilan Prosses Sains Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pasccasarjana UM, 81-87. Malang: Universitas Negeri Malang.

Raj, G.R. & Devi, N.S. (2014). Science Process Skills and Achievement in Science among High School Students. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 2 (15), 713–717.

Rustaman, Y.N. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common TextBook JICA Edisi Revisi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Siwa, I.B., Muderawan, I.W., & Tika, I.N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (2013).

Sutanto, A.V. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Penerapan Model Bounde Inquary Laboratory Peserta Didik Kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Skripsi, tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A.M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59 (17), 110–116.

Yadav, B., Mishra, & Shi, K. (2013). A Study of the Impact of Laboratory Approach on Achievement and Process Skills in Science among is Standard Students. International Journal of Scientific and Research Publications, 3 (1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1687

Copyright (c) 2019 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

       


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.