PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN YANG MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Usman Usman, Dwi Ratnasari

Abstract


Tugas dan produk yang tergolong baik adalah tugas dan produk yang berbeda dari biasanya atau bersifat inovatif. Produk yang inovatif dihasilkan dari pemikiran kreatif mahasiswa melalui pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PjBL), yaitu pembelajaran berbasis proyek, sehingga tujuan penelitian adalah untuk mengukur persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kreatif yang diintegrasikan dengan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sebagai penelitian pendahuluan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus longitudinal survey. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa pada matakuliah Pengembangan Praktikum Biologi di Sekolah Menengah (PPSM) di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untirta pada Tahun 2019. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan wawancara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran. Analisis data kuesioner dilakukan secara deskriptif dalam kategori yang ditetapkan dan hasil wawancara dianalisis dengan mereduksi pertanyaan dan jawaban yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dengan persentase sebesar 80% dengan kriteria baik dan mampu membuat mahasiswa berpikir imajinasi dan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Dengan demikian implementasi pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kreatif yang dintegrasikan dengan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dapat diterima dengan baik oleh mahasiswa.

 

Tasks and products that are classified as good are tasks and products that are different from usual or are innovative. Innovative products are produced from students 'creative thinking through Project Based Learning, so the purpose of study was to measure students' perception of learning that developed creative thinking skills that was integrated with project-based learning (PjBL) as preliminary research. The method used in this study was qualitative research with a longitudinal survey case study method. The study was conducted on students in Pengembangan Praktikum Biologi di Sekolah Menengah (PPSM) Course in Biology Education Study Program, Sultan Ageng Tirtayasa University in 2019. Data collection techniques consisted of questionnaire and interview of students' perception of learning. Questionnaire data analysis was carried out descriptively in the specified categories and the results of the interview were analyzed by reducing questions and answers that fit the focus of the study. The results showed that students' perception of learning with a percentage of 80% with good criteria and were able to make students think imagination and produce something different from usual. Thus the implementation of learning that developed creative thinking skills that was integrated with project-based learning (PjBL) can be well received by students.


Keywords


berpikir kreatif; praktikum biologi; PjBL; creative thinking; biology practicum; project based learning

Full Text:

PDF

References


Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan e-Learning. Prosiding Seminar Nasional Matermatika X Universitas Negeri Semarang, 586–594.

Corfman, T., & Beck, D. (2019). Case Study of Creativity in Asynchronous Online Discussions. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16 (22), 1–20.

Frijters, S., Dam, G., & Rijlaarsdam, G. (2008). Effects of Dialogic Learning on Value-Loaded Critical Thinking. Elsevier Learning and Instruction, 18 (3), 66–82. http://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2006.11.001

Justica, A. A. S., Azrai, E. P., & Suryanda, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Analogi dalam Pembelajaran IPA terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Biosfer, 8 (1), 51–56.

Mumford, M. D., Medeiros, K. E., & Partlow, P. J. (2012). Creative Thinking: Processes, Strategies, and Knowledge. Journal of Creative Behavior, 46 (1), 30–47. http://doi.org/10.1002/jocb.003

Maulidah, E. (2019). Character Building dan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (hal. 138–146). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4740

Meintjes, H., & Grosser, M. (2010). Creative Thinking in Prospective Teachers: The 'Status Quo' and The Impact of Contextual Factors, South African Journal of Education, 30 (3), 361–386.

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3 (2), 110–117.

Oloruntegbe, K. (2011). Teachers’ Involvement, Commitment and Innovativeness in Curriculum Development and Implementation. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 2 (6), 443–449.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. Scholaria, 6 (3), 231–238.

Putri, S. U., Sumiati, T., & Larasati, I. (2019). Improving Creative Thinking Skill through Project-Based-Learning in Science for Primary School. Journal of Physics: Conference Series, 1157 (2), 1–6. http://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022052

Sartono, N., Rusdi, & Handayani, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMAN 27 Jakarta pada Materi Sistem Imun. Biosfer, 10 (1), 58–64.

Senam, Y. A. & Laksono, W. E. (2018). Meaningful Biochemistry Learning Using the Orientation-Decision-Do- Discuss-Reflect (OD3R) Method. International Journal of Instruction, 11 (3), 17–30.

Setyowati, N. (2016). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria, 8 (3), 253–263.

Zubaidah, S. (2019). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Makalah Disampaikan pada Seminar “2nd Science Education National Conference” di Universitas Trunojoyo Madura, 13 Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v3i1.1867

Copyright (c) 2019 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.