HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL)

Siska Aprilianti, Budhi Akbar, Agus Pambudi Dharma

Abstract


Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) membangun pengetahuan siwa yang dilandasi struktur kognitif yang telah dimiliki serta didasarkan pada cara otak bekerja sehingga pembelajaran dapat diserap oleh otak secara maksimal. Penelitian bertujuan untuk  mengetahui pengaruh model BBL terhadap hasil belajar kognitif pada materi Sistem Koordinasi kelas XI MAN 8 Jakarta. Teknik sampling penelitian adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk posttest. Indikator instrumen soal berupa C1-C4. Soal sebagai instrumen penelitian dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data untuk menjawab tujuan penelitian menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas dengan ? 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran BBL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa (thitung = 4,14 > ttabel = 2,65). Nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen (84,29) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (78,20) dengan selisih 6,09. Nilai rata-rata yang lebih tinggi ini didukung dengan adanya tujuh sintaks dari model pembelajaran BBL, yaitu pra-pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisisi, elaborasi, inkubasi dan pemasukkan memori, verifikasi dan pengecekan, serta selebrasi dan integrasi.

 

The Brain Based Learning (BBL) learning model builds students' knowledge based on the cognitive structure they already have and is based on how the brain works so that learning can be absorbed by the brain optimally. This study aimed to determine the effect of the BBL model on cognitive learning outcome on Coordination System material for class XI MAN 8 Jakarta. The research sampling technique was cluster random sampling. The research instrument was a written test in the form of multiple choice with 30 questions for the posttest. The instrument indicators were in the form of C1-C4 of Bloom’s taxonomy. The questions were analyzed first to determine the validity, reliability, level of difficulty, and distinguishing power. Data analysis to answer the research aim used t-test, which was previously tested for normality and homogeneity with ? 1%. The result showed that the use of the BBL learning model had an effect on students' cognitive learning outcome (tcount = 4.14 > ttable = 2.65). The average score of students in the experimental group (84.29) was higher than the control group (78.20) with a difference of 6.09. This higher average score is supported by seven syntaxes of the BBL learning model, namely pre-exposure, preparation, initiation and acquisition, elaboration, incubation and memory coding, verification and checking, and celebration and integration.


Keywords


Brain Based Learning (BBL); hasil belajar; sistem koordinasi; learning outcome; coordination system

Full Text:

PDF

References


Badriah, L., & Ramdani, D. (2018). Model Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pokok Bahasan Sistem Indra. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 303-309. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.276

Ba’in, Wijayanti, P.S., & Juariyah, S. (2010). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IA SMA Ibu Kartini Semarang dengan Metode Cooperative Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1), 92-99. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/198

Danisa, V.S., Suciati., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Brain Based Learning Disertai Vee Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains V (SNPS V), 141-151. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/7870/5742

Fajriati, I.S., Safei, & Saprin. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biotek, 5 (1), 1-10. Diakses dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/download/3442/3237

Ibrahim, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 162-179. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2525

Maghfuroh, Y., & Muhtadi, D. (2019). Efektivitas Model Brain Based Learning Untuk Menggali Kelancaran Prosedural Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 655-663. Tasikmalaya: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Diakses dari https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1109/767

Mustiada, I.G.A.M., Agung, A.A.G., & Antari, N.N.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2250

Nusantari, E. (2015). Kajian Faktor yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil Penelitian Eksperimen dan PTK). Prosiding Forum Ilmiah Nasional FIP-JIP 2015. Gorontalo: FIP Universitas Gorontalo. Diakses dari https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1521/kajian-faktor-yang-mempengaruhi-retensi-siswa-sma-analisis-hasil-penelitian-eksperimen-dan-ptk.html

Saparina, R., Santosa, S., & Maridi. (2015). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 59- 65. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/5368/4766

Saptawulan, A. (2012). Belajar Biologi yang Menyenangkan dengan Permainan Kuartet dan Pementapan Konsep Secara Mandiri Melalui Blog. Jurnal Pendidikan Penabur, 18, 28-35. Diakses dari https://docplayer.info/43869590-Belajar-biologi-yang-menyenangkan-dengan-permainan-kuartet-dan-pemantapan-konsep-secara-mandiri-melalui-blog.html

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihat, A., Panjaitan, R.L., & Djuanda, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 451-460. Diakses dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10680

Subratha, N. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMA Negeri Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan (Lembaga Penelitian Undiksha), 1(2), 135-147. Diakses dari https://kimiaindah.files.wordpress.com/2012/09/model-pembelajaran.pdf

Sudarisman, S. (2010). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1264/857

Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Brain-Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 11-24. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9678

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2463

Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.