ANALISIS MISKONSEPSI MATERI JARINGAN TUMBUHAN PADA BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XI BERBASIS KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kualitas dari buku teks pelajaran yang digunakan oleh guru dan siswa, karena buku teks pelajaran banyak mengandung konsep-konsep yang penting sehingga perlu disampaikan sesuai dengan naskah ilmiah atau pendapat para pakar ilmu biologi terkhususnya pada materi jaringan tumbuhan. Kesalahan atau kekeliruan konsep yang terdapat pada buku teks pelajaran berbeda dengan konsep yang disampaikan oleh para pakar biologi, dapat diartikan mengalami miskonsepsi. Adapun tujuan penelitian 1.) Mengetahui besar persentase masing-masing kategori miskonsepsi dari materi jaringan tumbuhan pada buku teks pelajaran biologi SMA siswa kelas XI berbasis Kurikulum 2013 di Kota Palembang, 2.) Mengetahui tingkat miskonsepsi dari materi jaringan tumbuhan pada buku teks pelajaran biologi SMA siswa kelas XI berbasis Kurikulum 2013 di Kota Palembang. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan analisis konten atau analisis isi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing kategori miskonsepsi pada konsep teks dan konsep gambar yaitu MI (Misidentificationi) 14,14%, OG (Overgeneralizations) 1,01%, OS (Oversimplifications) 19,19%, UG (Undergeneralizations) 4,04%, dan OCT (Obselete concept and terms) 0%. Hasil persentase miskonsepsi pada buku teks pelajaran sebesar 38,38% dikategorikan rendah.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2551
Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.