PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KARAKTER HERO INDONESIA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Sonya Novisca Wijaya, Asni Johari, Ervan Johan Wicaksana

Abstract


Berdasarkan observasi dan wawancara guru untuk kelas VIII SMPN 17 Kota Jambi ditemukan bahwa materi tersulit adalah sistem peredaran darah dan kegiatan pembelajaran di kelas kurang kondusif, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Penelitan bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis karakter hero Indonesia pada materi sistem peredaran darah manusia. Dalam pengembangan media ini dibutuhkan penilaian ahli media dan materi, persepsi guru dan siswa serta pengaruh penggunaan media terhadap hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian terdiri atas: 1) daftar wawancara, kuesioner dan lembar observasi untuk analisis kebutuhan, 2) lembar validasi materi dan media untuk kelayakan media, 3) angket persepsi guru dan siswa untuk ujicoba produk, dan 4) soal pretest-posttest untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik digital berbasis karakter hero Indonesia yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Jambi. Penilaian validasi materi adalah sebesar 89,06% (sangat baik), penilaian validasi media adalah 81,25% (sangat baik), persepsi guru sebesar 72,92% (baik), persepsi siswa dalam kelompok kecil sebesar 84,72% (sangat baik), dan persepsi siswa dalam kelompok besar sebesar 90,09% (sangat baik). Sedangkan hasil uji t independensi menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < ? 0,01, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selisih rata-rata hasil pretest-postest yang diperoleh kelas kontrol adalah 34,38 dan kelas eksperimen adalah 53,03.

 

Based on the observation and teacher interview for class VIII SMPN 17 Jambi City, it was found that the most difficult material was the circulatory system and the learning activities in the classroom were not conducive, so that learning media was needed that could attract students' interest. The research aimed to develop digital comic learning media based on Indonesian heroic characters on the material of the human circulatory system. In developing this media, it required the assessment of media and material experts, teacher and student perceptions and the effect of media use on student learning outcomes. This development research used the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation). The research instruments consisted of: 1) list of interview, questionnaires and observation sheets for needs analysis, 2) material and media validation sheets for media feasibility, 3) teacher and student perceptions questionnaires for product trials, and 4) pretest-posttest questions to determine the effect.of media on learning outcomes. The results showed that the digital comics based on Indonesian heroic characters that were developed could be used as the learning media on the material of the human circulatory system for class VIII students of SMPN 17 Jambi City. The material validation assessment was 89.06% (very good), the media validation assessment was 81.25% (very good), the teacher's perception was 72.92% (good), students' perception in small group was 84.72% (very good), and students' perceptions in large group was 90.09% (very good). While the results of the independence t test showed that the significance value (2-tailed) 0.00 < ? 0.01, there was significant difference between the control and the experimental class. The average difference between the pretest-posttest results obtained by the control class was 34.38 and the experimental class was 53.03.


Keywords


media pembelajaran; komik digital; karakter hero Indonesia; sistem peredaran darah; learning media; digital comic; Indonesian heroic characters; circulatory system

Full Text:

PDF

References


Ahmat, J., & Sukartiningsih, W. (2013). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerita di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–9. Diakses dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3025

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, E., Yuzianah, D., & Supriyono. (2019). E-komik Punakwan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Siswa SMP. Prosiding SENDIKA, 5(1), 718–723.

Astuti, R., Panjaitan, R. G. P., & Titin. (2016). Kelayakan Media Komik Elektronik pada Pembelajaran Sub Materi Zat Aditif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–13. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16327/14189

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model of Character Education through e-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Burhanudin, F., Mulyani, S., Susilowati, E., & Haryani, S. (2019). Development of Human Skeleton Comic to Enchance Student’ s Motivation and Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(21), 101–107. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25390

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Satu Nusa.

Djamarah, B., & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Enawati, E., & Sari, H. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i1.163

Fajrin, E. R. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komik. JPGSD, 3(2), 1071–1081.

Fransiska, C. (2013). Peningkatan Kemampuan Menyimak Isi Cerita dengan Menggunakan Media Audio Storytelling Terekam di Kelas V SDN 3 Panarung Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Humaniora, 01(01), 289–297.

Gumelar. (2011). Comic Making, Cara Membuat Komik. Bandung: Indens.

Hwang, G., Yang, L., & Wang, S. (2013). A Concept Map-Embedded Educational Computer Game for Improving Students' Learning Performance in Natural Science Courses. Computers & Education, 69, 121-130. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.008

Irawati, & Rokhmani, L. (2016). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 7 Malang Pokok Bahasan Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. JPE, 9(1), 31–40.

Jarmita, N., Chandrawati, A. E., & Zulfiati. (2020). Pengembangan Media Seven In One Ditinjau dari Uji Kelayakan dan Uji Kepraktisan di Kelas V MI/SD di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(1), 111–126.

Koutníková, M. (2018). The Application of Comics in Science Education. Acta Educationis Generalis, 7(3), 88–98. https://doi.org/10.1515/atd-2017-0026

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280

Lin, S., Lin, H., Lee, L., & Yore, L. (2015). Are Science Comics a Good Medium for Science Communication? The Case for Public Learning of Nanotechnology. International Journal of Science Education, Part B, 5(3), 276–294. https://doi.org/10.1080/21548455.2014.941040

Lisman, Markuna, & Wicaksono, H. (2020). Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTs Al-Maarif Banyorang. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 54–69.

Maryani, I., & Amalia, L. (2018). The Development of Science Comic to Improve Student’s Understanding in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikam IPA (JIPI), 4(1), 75–82. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.21076

McCloud, S. (2008). Memahami Komik (Understanding Comics). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 61–68.

Utomo, A. B., Yelianti, U., Muswita, & Wicaksana, E. J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 95–106. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v11i2.23814

Nana, S. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nengsi, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Komik Pada Materi Fotosintesis Untuk SMP Kelas VIII. Journal IPTEKS Terapan, 11(1), 99–108.

Nugraheni, N. (2016). Penerapan Media Komik pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurgiyantoro. (2005). Sastra Anak (Pengantar Pemahaman Dunia Anak). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati, Aswar, & Arifin, I. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9550

Nurniawan, H., & Puspasari, D. (2015). Pengembangan Pembelajaran Komik pada Materi Sistem Kearsipan Siswa Kelas X SMk Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(1), 1–15.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19-35.

Panggabean, D. S., Solin, M., & Matondang, Z. (2020). The Impact of Using CTL-Based Comic Media on Learning Outcomes of Third Grade Students. 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, 38(1), 689–693. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.158

Prihanto, D., & Yunianta, T. N. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90. Diakses dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/137/0

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Sudjana, & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Tekle-Haimanot, R., Preux, P. M., Gerard, D., Worku, D. K., Belay, H. D., & Gebrewold, M. A. (2016). Impact of an Educational Comic Book on Epilepsy-Related Knowledge, Awareness, and Attitudes among School Children in Ethiopia. Epilepsy & Behavior, 61, 218–223. https://doi.org/10.1016/j.yebeh.2016.05.002

Wahyudi, I., Ristiono, & Azrita. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik Bewarna tentang Materi Sistem Hormon untuk Siswa Kelas XII Semester II SMA. Jurnal FKIP Universitas Bunghatta, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.5432/jjpehss.KJ00003393699

Wicaksana, E. J., & Atmadja, P. (2018). Analysis of the Impact of Teacher Program Direktorat PSMK(SM3T Program) to Animo Learning Students in Biological Lessons In SMKN 1 Kintamani, Bali. BIODIK, 4(2), 77–82. https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.6123

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 24. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4529




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2582

Copyright (c) 2020 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.