PENGARUH TUTOR SEBAYA BERBASIS KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PESERTA DIDIK
Abstract
Kesenjangan kemampuan peserta didik terjadi karena peserta didik dengan kemampuan akademik tinggi dapat memahami konsep dengan baik, sedangkan yang rendah tidak paham konsep bahkan terjadi miskonsepsi dan berdampak menjadi pengiring sikap peserta didik yang rendah, sehingga perlu pemberdayaan peserta didik dengan kemampuan akademik tinggi untuk terjadinya scaffolding. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh tutor sebaya berbasis konstruktivisme terhadap pemahaman konsep dan sikap peserta didik. Penelitian ini adalah quasi experimental design, kelas eksperimen menggunakan metode tutor sebaya berbasis konstruktivisme dan kelas kontrol menggunakan direct instruction. Instrumen penelitian menggunakan soal pemahaman konsep berupa pilihan jamak dan lembar observasi sikap. Analisis data menggunakan uji-t independen dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan tutor sebaya berbasis konstruktivisme terhadap pemahaman konsep (thitung=5,64 > ttabel=2,00) dan sikap (thitung=3,54 > ttabel=2,00) peserta didik. Pengaruh penggunaan tutor sebaya berbasis konstruktivisme terhadap pemahaman konsep dan sikap peserta didik ditandai dengan adanya persentase yang lebih tinggi di kelas eksperimen daripada penggunaan metode direct instruction di kelas kontrol. Indikator pemahaman konsep adalah menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan, sedangkan sikap yang menjadi fokus dalam penelitian adalah jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan santun, dan percaya diri.
The ability gap of students occurs because students with high academic ability can understand concepts well, while those who are low do not understand concepts and even misconceptions occur and its impact of being an accompaniment of low student attitudes, so it is necessary to empower students with high academic abilities for scaffolding to occur. The study purpose was to determine the effect of constructivism-based peer tutors on students’ conceptual understanding and attitudes. This study was a quasi-experimental design, the experimental class used the constructivism-based peer tutor method and the control class used the direct instruction. This study instrument used the concept understanding questions in the form of multiple choices and the attitude observation sheets. The data analysis used independent t-test with a significance level of 5%. The results showed that there was the effect of using constructivism-based peer tutors on students’ conceptual understanding (tcount=5.64 > ttable=2.00) and attitudes (tcount=3.54 > ttable=2.00). The effect of using constructivism-based peer tutors on students’ conceptual understanding and attitudes were showed by the higher percentage in the experimental class than using the direct instruction in the control class. The indicators of conceptual understanding were interpreting, exemplifying, classifying, concluding, comparing, and explaining, while the attitudes for the study focus were honesty, discipline, responsibility, tolerance, mutual cooperation, courtesy, and self-confidence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains dan Terapan, 1(1), 20–25. Diakses dari https://e-journal.lp3kamandanu.com/index.php/panthera/article/view/10
Ahdiyat, M. & Sarjaya. (2014). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pengolahan Data. Jurnal Formatif, 4(1), 71–79. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/141
Astriani, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Fibonacci Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 77–85. Diakses dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1731
Bahtiar, B. (2015). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Multietnis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 1–13. http://doi.org/10.25273/jems.v3i1.241
Darmawan, H. (2016). Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Animasi Dengan Kerangka Kerja Tpck Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.747
Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), 80–86. Diakses dari http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63/61
Gupta, M., Kavita, & Pasrija, P. (2016). Problem Solving Ability & Locality as The Influential Factors of Academic Achievement Among High School Students. Issues and Ideas in Education, 4(1), 37–50. https://doi.org/10.15415/iie.2016.41004
Gusviani, E. (2016). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–13. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2706
Hamruni, H. (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177–187. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-04
Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/EVALUASI%20PEMBELAJARAN.pdf
Havwini, T. (2019). Indonesian Efl Students’ Willingness To Communicate In The 2013 Curriculum Implementation: A Case Study. Teflin Journal, 30(1), 105–120. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v30i1/105-120
Irwandani & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90
Jacobsen, D. A., Eggen, P. & Kauchak, D. (2009). Methods for Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK?SMA. (Terjemahan Achmad Fawaid & Khoirul Anam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamsi, N. (2020). Prilaku Belajar dalam Konsep Pendidikan Islam. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 17-36. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.134
Lita, A. N., Mustikaningtyas, D., & Utami, N. R. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Biologi di SMA N 1 Pekalongan. Journal of Biology Education, 6(1), 63–69. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/14059
Lutvaidah, U. (2016). Keefektifan Strategi Pembelajaran Antara Metode Tutor Sebaya dengan Metode Tanya Jawab dalam Pengajaran Remidial Materi Fungsi Limit. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 266–275. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.998
Mawaddah, S. & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP di Kutacane. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. Diakses dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292
Muhaimin, A., Susilawati, & Soeprianto, H. (2015). Pengembangan Media Kapasitor dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 59–72. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/4004
Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah dalam Pendidikan Multikultural. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 114–130. Diakses dari http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/6030
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajagrafika Persada.
Palistini, N. L. A. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 95–100. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/402
Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91-105. Diakses dari https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/17
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. Diakses dari https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/60
Sidiq, H. A., Suhayat, D., & Permana, T. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Memasang Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12618
Sugrah, N. U. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam
Pembelajaran Sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Suryati. (2018). Implementasi Metode Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Kimia Materi Termokmia di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Indrapuri Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Lantanida Journal, 6(2), 103–202. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i2.4051
Susilo, M. J. (2016). Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Scientific Approach di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 97–101. Diakses dari https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5666
Umainingsih, M. B., Alexon, & Kurniah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Memori Untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Prestasi Belajar Matematika (Studi pada Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 87–97. Diakses dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/viewFile/3687/1932
Widyastuti, P. A., & Widiana, I. W. (2020). Analisis Peran Tutor Sebaya Terhadap Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu. Journal of Education Technology, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24083
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2727
Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.