KELAYAKAN BOOKLET KERAGAMAN ANGIOSPERMAE DI HUTAN CAGAR ALAM GUNUNG MUTIS (CAGM) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA

Getrudis Wilhelmina Nau, Maria Novita Inya Buku

Abstract


Keragaman Angiospermae di Cagar Alam Gunung Mutih (CAGM) belum termanfaatkan sebagai sumber belajar dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Mollo Utara adalah buku paket yang tersaji dengan gambar yang tersaji tidak berwarna, sehingga dibutuhkan media pembelajaran berupa booklet. Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan booklet keragaman Angiospermae di hutan CAGM sebagai media pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implemention, evaluation). Namun, pengembangan booklet dalam penelitian ini hanya sampai fase development (pengembangan) yang  meliputi 2 tahap, yaitu penyusunan hasil identifikasi Spermatophyta menjadi media booklet dan validasi media booklet untuk melihat kelayakannya sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian aspek format, isi, dan bahasa. Hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa booklet keragaman Angiospermae di hutan Cagar Alam Gunung Mutis (CAGM) layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa SMAN 1 Mollo Utara. Berdasarkan aspek format, booklet dinilai layak karena menampilkan gambar dan tulisan dengan jelas serta tersusun secara sistematis. Penilaian aspek isi booklet menunjukkan materi pada booklet sesuai dengan tujuan pendidikan yang dijadikan dasar dalam penulisan. Untuk aspek bahasa, media booklet sesuai dengan kaidah EYD dan penggunaan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.

 

The Angiosperms diversity in the Gunung Mutih Nature Reserve (CAGM) has not been utilized as a learning resource and the learning resource used in the learning process at SMAN 1 Mollo Utara was textbook that are presented with pictures in colorless, so the learning media was needed in the form of booklet. The study aimed to determine the feasibility of the Angiosperms diversity booklet in the CAGM forest as a learning media for students. This study was a research and development with the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). However, the development of the booklet in this study only reached the development phase which included 2 stages, namely preparation of the identification results of Spermatophyta into booklet media and validation of the booklet to determine its feasibility as the learning media based on the assessment of the format, content, and language aspects.The results of the development research showed that the Angiospermae diversity booklet in the Gunung Mutis Nature Reserve (CAGM) forest was suitable for use as the learning media for students of SMAN 1 Mollo Utara. Based on the aspect of format, the booklet was considered feasible because it displayed pictures and writing clearly and systematically arranged. The assessment of booklet content aspect showed that the material in the booklet was in accordance with the educational objectives that were used as the basis for writing. For the language aspect, the booklet media was in accordance with the EYD rules and the use of sentences did not cause multiple interpretations or misunderstandings.


Keywords


cagar alam gunung mutis (CGAM); booklet; plantae; Gunung Mutih Natural Reserve

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5 (6), 68-72. Retrieved from http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf

Balai Besar KSDA Nusa Tenggara Timur (BBKSDANTT). (2018). Profil Cagar Alam Mutis Timau. Diakses dari http://bbksdantt.menlhk.go.id/kawasan-konservasi/ca/ca-mutis/profil-ca-mutis-timau

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.

Farida, W.R., Triono, T., Handayani, T.H., & Ismail. (2005). Pemilihan Jenis Tumbuhan Sumber Pakan dan Tempat Bersarang Kuskus (Phalanger sp.) di Cagar Alam Gunung Mutis, Nusa Tenggara Timur. Biodiversitas, 6 (1), 50-54. Diakses dari https://issuu.com/biodiversitasunsjournals/docs/d060100-all/56

Khabibah, S. (2006) . Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Mahendrani, K. & Sudirman. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4 (2), 865-872. https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7936

Muslich, M. (2007). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 2 (2), 83-88 https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2 (2), 147-154. https://jurnal.uns.ac.id/geoeco/article/view/8930

Pringle, R., Hakverdi, M., Cronin-Jones, L., & Johnson, C. (2003). Zoo School for Preschoolers: Laying the Foundation for Environmental Education. Diakses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED475663.pdf

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education, 6 (2), 162-169. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.14224

Setiawan, H, & Wardhani, H. A. K. (2018). Pengembangan Media E-Booklet pada Materi Keanekaragaman Jenis Nepenthes. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (2), 82-88. Diakses dari http://jurnal.unka.ac.id/index.php/fkip/article/view/186

Susanti, R. D. (2013). Studi Analisis Materi Ajar “Buku Teks Pelajaran” pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah. Arabia, 5 (2), 199-223. Diakses dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/1389




DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2919

Copyright (c) 2020 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi

Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:

        


Creative Commons License
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.