Hubungan Antara Kesadaran Metakognitif Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Muhammadiyah Se-Kota Palembang
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah: (1) Guru belum banyak mengetahui tentang metakognitif, (2) Minimnya pemahaman guru mengenai instrumen yang digunakan dalam pengukuran kesadaran metakognitif. Kedua permasalahan ini berdampak pada tidak adanya tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang mengasah penggunaan kesadaran metakognitif siswa. Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa di SMA Muhammadiyah 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 8 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk adalah untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif siswa dengan hasil belajar biologi di SMA Muhammadiyah Se-kota Palembang. Rancangan penelitian yang digunakan berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket dan hasil belajar biologi (UAS). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji signifikansi dan uji pearson product moment. Subyek penelitian adalah kelas X IPA, XI IPA, dan XII IPA di SMA Muhammadiyah Palembang, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian diperoleh setelah menggunakan uji signifikansi di SMA Muhammadiyah se-kota Palembang diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05, yang artinya terdapat hubungan antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar biologi siswa di SMA Muhammadiyah se-kota Palembang dan memiliki tingkat hubungan yang termasuk dalam kategori “Kuat dan Cukup Kuat”
Keywords
kesadaran metakognitif; hasil belajar biologi
DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2994
Copyright (c) 2021 Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is indexed by:
Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.